Daily Archives: November 16, 2012

Usman dan Petraeus


: Jeng Ratih-ku sayang

 

tidak hanya dirimu, aku pun

mengecam Usman, anggota DPRD Sidoarjo

yang menggugat cerai Maimunatun

setelah 25 tahun pernikahan mereka

dengan dalih sang istri tak bisa menulis dan membaca

 

tidak hanya dirimu, aku sangat

mengecam Usman

yang menggugat cerai istrinya

demi menikahi selingkuhannya

itu sangat menyakiti hati perempuan

 

tidak hanya dirimu, aku pun

mengecam Petraeus, mantan direktur CIA

yang mengkhianati cinta Hollister Knowlton

setelah bertahun-tahun mahligai mereka

karena berselingkuh dengan Paula Broadwell

 

semakin tinggi suatu pohon

kian kencang angin menerpa

dunia begitu menggelapkan mata

aku sadar itu

 

ketika cinta tidak hanya dipandang dari paras seseorang

tapi juga kasih, kesetiaan, dan ketulusan

dunia yang sementara ini begitu harum

aku ingin itu

ada dalam bahtera

: kita

 

 

Graha Pena, 16 November 2012

Gaza Sonata


: Jeng Ratih-ku sayang

 

kutuliskan dukungan untuk Mohamed Morsi

atas tindakannya yang mengutuk serangan udara Israel

di Bumi Gaza sehingga 21 warga sipil Palestina tewas

 

kupaham akan dilema yang dihadapi Morsi

sebab selama ini Mesir dibantu Amerika atas sikap manisnya

pada negeri zionis itu

di sisi lain ia mesti menjaga kepentingan Ikhwanul Muslimin

 

kutuliskan pujian untuk Mohamed Morsi

atas sikapnya yang menarik dubesnya dari Tel Aviv

setelah serangan yang merengut enam nyawa anak-anak di Gaza

 

kau tahu sayang?

perang tak akan pernah menyelesaikan masalah

namun, sepenuh hati aku mendukung Palestina

tidak mengejar apa-apa

seperti cinta

memberi, tak berharap kembali

: tulus

 

Graha Pena, 16 Nov 2012

Pojok Bahasa: Pembantu Rektor I


Catatan Must Prast

editor Jawa Pos

Pada 26 Oktober lalu, saya janjian bertemu dengan pengamat media dan pakar komunikasi Sirikit Syah di Pascasarjana Unesa. Kami ngopi di kantin kampus tersebut. Direktur Sirikit School of Writing itu dengan nada sedikit guyon bilang, ”Ketemuan di Pascasarjana supaya Anda barangkali tertarik untuk kuliah lagi.”

”Insya Allah, Bu,” jawab saya pendek sambil menitipkan dua buku Rumah Kartu untuk dua pejabat Unesa, yakni Prof Dr Kisyani Laksono dan Prof Dr Luthfiyah Nurlaela. Read the rest of this entry

Dapur Editor Buku (1)


Bagan Kerja Penerbitan

 

Catatan Must Prast

editor Jawa Pos

Pada zaman yang semakin maju dan dinamis seperti sekarang, buku sudah menjadi kebutuhan. Sebab, masyarakat juga membutuhkan ilmu dan informasi, yang salah satunya dapat diperoleh melalui buku. Read the rest of this entry