Menjadi Berarti dan Bermakna

Oleh Eko Prasetyo

Publisis, pegiat literasi Ikatan Guru Indonesia

sampul rahasia top menulisJudul buku : Rahasia Top Menulis

Penulis      : Much. Khoiri

Penerbit     : Elex Media Komputindo

Cetakan     : I, Desember 2014

ISBN         : 9786020254562

Mari sejenak merenungi kalimat terkenal dari Paulo Coelho ini: ”Semua menjadi tidak bermakna jika tidak dibagikan.” (Like the Flowing River, 2012).

Hidup –sebagaimana dimaknai oleh Coelho– seperti sungai yang mengalir. Kadang arusnya deras, kadang pula airnya mengalir tenang. Arus yang deras mampu membuat panik, cemas, takut, bahkan putus asa. Sementara arus tenang menjanjikan ketenangan pula, kebahagiaan yang memang diharapkan.

Refleksi-refleksi Coelho dalam Like the Flowing River tersebut mengajak kita untuk berdamai dengan kehidupan. Berdamai dengan Tuhan. Filosofi berdamai dengan Tuhan ini terkait erat dengan takdir. Tak jarang manusia menganggap bahwa kesulitan yang dialami dalam kehidupannya merupakan takdir yang tidak adil.

Di sinilah letak kekeliruan pemahaman itu. Mereka lupa bahwa hidup tidak hanya senantiasa bersejajar dengan takdir, tapi juga pilihan. Artinya, manusia bisa memilih sendiri jalan hidupnya untuk mengubah takdir. Bukankah Tuhan telah berfirman bahwa Dia tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali mereka sendiri?

Tentu saja tidak ada manusia di dunia ini yang tidak ingin bahagia tanpa memandang kaya atau miskin. Akan tetapi, sebuah kebahagiaan hakiki itu niscaya akan diperoleh tatkala seseorang menjadi sosok yang berarti dan bermakna bagi kehidupan di sekelilingnya.

Buku Rahasia Top Menulis ini sekilas sama dengan buku-buku bertema senada yang sudah ada di tengah-tengah masyarakat pembaca sebelumnya. Motivasi-motivasi menulis sangat mendominasi isi buku ini.

Namun, yang menjadikannya berbeda adalah sang penulis sendiri. Ia menekuni bidang menulis kreatif (creative writing) selama lebih dari 24 tahun. Pengalamannya sebagai akademisi sekaligus praktisi literasi yang dibagikannya dalam tulisan-tulisan yang termaktub dalam buku ini menjadi nilai tambah tersendiri. Mengapa demikian? Pasalnya, banyak buku motivasi dan kiat menulis yang hanya menjaring dari tulisan-tulisan yang sudah ada. Terkadang ada upaya gunting-salin-tempel yang dilakukan dengan begitu brutal (tanpa mengindahkan etika penulisan) sehingga membuat sajian isi buku terasa amat hambar.

Cerita-cerita yang dibagikan oleh si penulis dalam buku ini menjadi istimewa karena adanya catatan-catatan perjalanan yang seakan-akan mengajak serta pembaca larut dan berada di dalamnya. Misalnya, ketika penulis melukiskan pengalamannya kala mengangsu ilmu creative writing di Negeri Paman Sam pada tahun 1990-an.

Secara implisit, diakui oleh penulis, pergelutannya dengan dunia menulis –terutama sastra dan budaya– telah mengantarkannya merengkuh keberhasilan, dari mulai pekerjaan, jabatan, hingga jejaring di tingkat nasional dan internasional.

Bagi penulis pemula, Khoiri memberikan wejangan yang berkaca pada pengalamannya saat awal mula menapak dunia menulis. ”Para penulis dunia itu telah menjadi cermin bagi saya ketika tahun 1987-an saya belajar menembus surat kabar. Betapa lelah dan gemes hati saya tatkala artikel saya ditolak berkali-kali oleh Jawa Pos, Surabaya Post, Surya, dan lain-lain. Hampir putus-asa rasanya saat itu. Namun, saya ’berguru’ pada para penulis top dunia. Maka, saya usahakan untuk tetap tegar. Saya terus berlatih dan berlatih. Akhirnya, saya juga berhasil menembus koran-koran tersebut—bahkan tahun 1991 berhasil menembus barometer sastra nasional, yakni majalah sastra Horison,” (hal. 122).

Kelebihan buku ini terletak pada kekuatan bercerita sang penulis. Beberapa topik ”berat” yang mengupas masalah sastra dan budaya, misalnya, diuraikan dengan begitu sederhana sehingga dapat dipahami oleh pembaca awam sekalipun. Buku ini tidak hanya bisa menjadi bacaan ringan di segala suasana. Lebih dari itu, tulisan-tulisan di dalamnya mengindikasikan bahwa sang penulis berupaya menjadikan hidup lebih bermakna. Caranya? Seperti dikatakan Paulo Coelho tadi: membagikan pengalaman hidup tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: