GUGAT

Penulis: Eko Prasetyo

SURABAYA – Hanya dalam hitungan enam bulan setelah terbitnya kumpulan cerpen Ndoro, Saya Ingin Bicara (Juni 2011), alumni Unesa (IKIP Surabaya) kembali akan meluncurkan karya terbaru. Yakni, kumpulan puisi (kumpuis) yang berjudul GUGAT.

Yang menarik, lahirnya dua buku tersebut bermula dari diskusi di mailing list Keluarga Unesa. Suhartoko, ketua tim penyusun kumpuis, mengatakan bahwa kehadiran GUGAT diharapkan mampu para mahasiswa untuk berani menelurkan karya mereka. ”Sekaligus menjadi pelecut kami alumni IKIP Surabaya untuk terus berkarya dan eksis,” tutur pria yang menggeluti dunia kehumasan tersebut.

Dia menjelaskan, GUGAT merangkum 112 puisi dari 24 alumnus IKIP Surabaya. Mereka berasal dari berbagai latar belakang dan profesi. Mulai sastrawan, dosen, guru, hingga pekerja media. Di antaranya, Bonari Nabonenar, Mh. Zaelani Tammaka, dan Sirikit Syah.

Pria asal Gresik itu menambahkan, kumpuis tersebut dibagi dalam beberapa tema. Yakni, ironi kekuasaan, jati diri dan nasionalisme kelabu, urban roda zaman, semesta serpihan kehidupan, serta kontra pasrah. ”Kami ingin menyampaikan kritik terhadap tata kelola negeri ini di semua bidang kehidupan. Kegelisahan inilah yang kami rangkum dalam kumpuis GUGAT ini,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Hartoko itu melanjutkan, kumpuis GUGAT rencananya akan dihadiahkan dalam acara Dies Natalies IKIP Surabaya (Unesa) pada 19 Desember 2011. Dia menegaskan, GUGAT diharapkan bisa mengawali karya-karya lainnya yang lebih inspiratis. ”Khususnya di bidang pendidikan. Sesuai dengan visi dan misi Unesa,” pungkasnya. (prast/unesa)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: