Panduan bagi Direktur, Manajer, Penulis, Editor, Guru, Siswa, Dosen, Mahasiswa, dan Masyarakat Umum

Kegiatan menulis tidak bisa dilepaskan dari aspek kebahasaan. Faktor ini pula yang menentukan suatu tulisan akan enak dibaca dan mudah dipahami. Karena itu, keterampilan berbahasa menjadi suatu hal yang penting untuk dipelajari.

Untuk mencapai tahapan menulis tingkat mahir, diperlukan kemampuan keterampilan berbahasa yang baik. Sayangnya, hal ini seringkali dianggap tidak penting karena berbagai alasan. Akibatnya, kerap terjadi kesalahan tulis.

Di sisi lain, belum banyak buku kebahasaan yang mengupas secara tuntas kasus-kasus kebahasaan yang terjadi di dunia pendidikan, dunia kerja, dan masyarakat umum.

Berangkat dari hal itu, Eko Prasetyo, pengamat bahasa dan editor surat kabar Jawa Pos, berinisiatif menurunkan ulasan-ulasan pendek dan ringan mengenai masalah-masalah kebahasaan. Semuanya disajikan senikmat menyeruput kopi dan tak jarang diselingi humor segar sehingga pembaca tidak bosan. Seluruh tulisan tersebut dihadirkan dalam rubrik khusus Pojok Bahasa yang rutin ia sajikan di mailing list Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Kini rubrik Pojok Bahasa telah dirangkum dalam sebuah buku yang berjudul Tepat Memilih Kata (PT Indeks Jakarta). Dengan gaya tulisannya yang khas, Eko memaparkan kasus-kasus kebahasaan dengan bahasa yang enak dibaca dan mudah dipahami. Berbeda dengan buku serupa lainnya, buku ini juga dilengkapi ejaan yang disempurnakan edisi terbaru.

Kini Pojok Bahasa bisa dibaca dan dinikmati lebih luas. Tidak hanya di mailing list IGI. Kumpulan tulisan dalam rubrik tersebut telah hadir dalam buku Keterampilan Berbahasa: Tepat Memilih Kata, Kasus Kebahasaan di Sekitar Kita.

  1. Bos… tuku buku iki nandi?
    Aku googling-googling nemu iki… Aku pesen 1 yo… administrasie tak selesaikan nang kantor ya…
    Suwun…

    (Doan Widhiandono/dos)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: