Arisan Ide dalam Gerakan Siswa Menulis

MADIUN – Budaya menulis di Indonesia belum bisa dikatakan menggembirakan. Hal ini terkait dengan minimnya kebiasaan membaca di masyarakat. Salah satu buktinya adalah belum banyak karya tulis ilmiah yang dilahirkan oleh kaum intelektual. Akhirnya ada yang mencoba jalan pintas dengan menjiplak karya tulis milik orang lain.

Karena itu, budaya menulis harus ditanamkan sejak dini. Itu dimulai dari lingkungan sekolah. Mengingat pentingkan menulis mulai dari lingkungan pelajar, Ikatan Guru Indonesia (IGI) meluncurkan Gerakan Siswa Menulis yang dilaksanakan di SMKN 1 Wonoasri, Caruban, Kabupaten Madiun, Minggu (11/3).

Dalam acara itu, hadir narasumber Eko Prasetyo, penulis dan editor surat kabar Jawa Pos. Salah satu yang disampaikan adalah materi penulisan berita sebagai bekal untuk mengembangkan media sekolah. Para siswa mengikuti dengan antusias, apalagi sang narasumber kerap menyampaikan materi dengan joke segar sehingga suasana begitu cair. Para siswa pun berebut bertanya seputar dunia tulis-menulis.

Para siswa juga diajak untuk melakukan arisan ide. Yakni, lima orang menuliskan namanya dan hobi yang disukai. Masing-masing siswa memiliki tim yang terdiri atas empat sampai lima orang. Lantas secara bergantian mereka kebagian menyampaikan ide (hobi) kepada teman-temannya. Kemudian timnya mencoba mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah tulisan. Menurut Eko, arisan ide itu bermanfaat untuk melatih para siswa berani melontarkan gagasannya dengan cara yang sederhana.

Sementara itu, Ketua Umum IGI Satria Dharma ikut memberikan motivasi dalam Gerakan Siswa Menulis di SMKN 1 Wonoasri, Caruban, tersebut. Dia mengatakan, pemerintah telah mewajibkan guru untuk membuat karya tulis ilmiah. Bahkan, para calon sarjana (S-1) juga wajib menghasilan karya tulis untuk syarat kelulusan. Untuk itu, kebiasaan menulis mesti ditanamkan sejak di bangku sekolah. Satria menambahkan, Indonesia membutuhkan banyak penulis. “Kalian harus mampu menjawab tantangan tersebut,” tegasnya kepada para peserta.

Kepala SMKN 1 Wonoasri Drs Sudarman SPd MKPd menyambut baik Gerakan Siswa Menulis yang diselenggarakan berkat kerja sama dengan IGI tersebut. Dia berharap, program ini berkelanjutan dan bisa dilaksanakan di semua sekolah berbagai jenjang untuk membudayakan menulis di kalangan pelajar. (yas/nal/ep)

http://www.igi.or.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: