Rapor Merah UN

preview full cover

Judul buku: Rapor Merah UN

Penulis: Eko Prasetyo

Penerbit: Sarbi

Cetakan: I, 2014

Tebal: 90 halaman

ISBN: 978-602-14909-5-2

Sejak dijadikan penentu kelulusan, ujian nasional menuai perdebatan sengit. Hampir tiap tahun penyelenggarannya kerap menuai masalah. Contohnya, kasus bunuh diri pelajar yang tidak lulus ujian nasional, jual beli jawaban soal, joki, bahkan pencurian soal yang dilakukan oknum kepala sekolah dan guru.

Lulus UN 100 persen dijadikan dagangan demi ”menjual” kursi kepada calon wali siswa. Sayangnya, praktik-praktik tak terpuji dalam penyelenggaraan UN masih saja terjadi. Maka, tidak mengherankan jika suara-suara yang kontra menyerukan reposisi UN.

Pro dan kontra mengenai ujian nasional sangat mungkin masih terus terjadi apabila tidak ada titik temu. UN dianggap telah melenceng dari hakikatnya, yakni memetakan pemerataan pendidikan nasional. UN kemudian dijadikan penentu kelulusan sehingga memicu perdebatan hingga memakan korban yang tidak lain adalah para siswa.

Buku ini merupakan kumpulan catatan penulis di blog dan opini yang pernah dipublikasikan di surat kabar dan media online. Rentetan nada sumbang dalam tiap tulisan ini berusaha merekam horor ujian nasional. Diharapkan buku ini bisa memberikan informasi yang apa adanya kepada pembaca serta menjadi karya tulis yang dapat mendorong tumbuhnya budaya literasi di tanah air.

Harga Rp 40 ribu (ongkir Rp 10 ribu untuk wilayah Jawa dan Rp 15 ribu untuk luar Jawa)

Info Pemesanan:

HP: 0856-4858-0852

E-mail: editor.eko@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: