Tentang Saya

Eko PrastPenggemar wedang kopi, tapi antirokok. Arek Suroboyo yang besar di Bekasi. Sejak remaja, ia punya minat tinggi terhadap dunia jurnalistik, sejarah, sastra, dan pendidikan. Karena itu, ia mengambil kuliah di IKIP Surabaya (Unesa) jurusan sastra Indonesia dan lulus tahun 2004. Pengalaman jurnalistiknya ditempa di surat kabar Jawa Pos sebagai editor.

Ia baru menulis puluhan buku. Di antaranya, Apa Yang Berbeda dari Guru Hebat (Esensi, 2011), Kekuatan Pena (Indeks, 2011), dan Tepat Memilih Kata (Indeks, 2012). Ia juga menulis artikel opini, puisi, cerpen, esai budaya, dan esai literasi di berbagai media massa. Selain menulis dan menyunting jurnal dan buku, ia mengajar di Sirikit School of Writing milik penulis senior Sirikit Syah.

Ia juga  ngangsu kawruh sebagai anggota di Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. Sebagai rasa cinta terhadap dunia literasi, ia menggagas Griya Literasi yang menjadi cikal-bakal taman baca mandiri di tempat tinggalnya. Kini ia melanjutkan pendidikan S-2 di Pascasarjana Ilmu Komunikasi Unitomo Surabaya. Ia bisa dihubungi di editor.eko@gmail.com. Moto hidupnya: Di dalam setiap kesulitan ada kemudahan, yang dikutip dari Alquran. Semboyan sehari-harinya: Dengan menulis kita jaya!

  1. brow.thnks…. all of Your opinions n Factually..i like it….but u must be able to Respect about unesa scandal 4 exactly Toel ……..

    • Berita tentang skandal Toefl itu sudah banyak dihimpun oleh berbagai media, Mas. Saya juga telah melontarkan pendapat tentang itu. Intinya, saya sangat menyesalkan kejadian memalukan tersebut. Oknumnya (dari PTN yang bersangkutan) mesti diusut. Semoga tidak terulang ke depan. Suwun Mas komentarnya. Salam kenal.

  2. Bravo Mas Eko … Saya Aguss dari SMKN 1 Wonoasri Caruban … yang kemarin disambangi karna ada diklat Jurnalis … Trims atas bukunya dan saya akan trus mencoba berkarya … dan saat ini sedang menulis sebuah Novel …. yang bercerita tentang kehidupan saya … walaupun sedikit ada “bumbu” disana-disini … Namun Novel yang saya buat ini berdasarkan kenyataan … dan nama untuk Novel ini adalah … Cinta di SMK ‘P!nK’ … sekian mas dan terima kasih … dan jgn lupa dibales ya komen saya …

    Aguss Dwi S.

    • Mantap, Gus! Yang penting, fokus dan perbanyak literatur atau bacaanmu sebagai referensi. Paling tidak, setiap hari kamu selesaikan satu lembar dalam naskah novel itu. Setelah semua rampung, kamu baca ulang dan bisa diperbaiki yang kurang. Terus berkarya Gus, jangan mudah menyerah menghadapi tantangan dalam menulis. Semangat!!

  3. Salam kenalMas. Mantap banget!

  4. Mohon maaf sebelumnya,
    Jika Bersediakah berbagi ilmu datang ke kota kami? Bagaimana cara mengundang?Boleh tau CP yang bisa dihubungi? Terimakasih

  5. assalamualaikum ,p.eko trimakasih banyak mendampingi guru-guru kami di amal usaha Muhammadiyah cabang sepanjang . juga mohon tulisan saya di betulkan insaAllah dalam bulan ini selesai, dan di bukukan sekalian ya pak … maturnuwon

    • Walaikumsalam Bu Aida, saya juga sangat berterima kasih telah diberi kesempatan untuk menimba ilmu di Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Sepanjang. Untuk bukunya, insya Allah saya siap membantu Ibu. Syukran.

  6. Meninggalakn jejak di sini, lebih ‘abadi’.
    Salam kenal must (harus) prast (prasasti?) 😀
    Tuh kan abadi, prasasti kan abadi.
    Harus lebih banyak berguru nih sama sampeyan.

    Sekali lagi salam kenal.

    * bungkukin badan

  7. Salam…

    Ada rekan saya ingin menulis buku, beliau membutuhkan ghost writer. Kira-kira saya apakah bisa menghubungi bapak? Untuk membicarakan hal lebih detailnya.

    Terima kasih

  8. Saya ikut kenalan ah… saya pemerhati blog, tapi masih pemula.. izin kenalan enggeh… blognya banyak banget tulisannya… saya akan baca… insyaAllah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: