Unesa sebagai Spektrum Literasi Indonesia


Oleh Eko Prasetyo

(Untuk laporan peluncuran buku 50 Tokoh Inspiratif Alumni Unesa, 16 Juni 2015 di Surabaya)

Hadirnya buku 50 Tokoh Inspiratif Alumni Unesa; Bekerja, Berkarya, Berprestasi patut disambut baik dan lega. Momentumnya pun sangat pas karena isu literasi saat ini tengah hangat berkembang di masyarakat. Iklim literasi juga coba dibangun di berbagai daerah dengan bermacam-macam kreativitas. Kota Surabaya tampil di depan dengan menggulirkan program kota literasi yang diluncurkan pada suasana Hari Pendidikan Nasional tahun 2014.

Di tengah momentum yang baik tersebut, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) turut mengambil peran sebagai pendorong pengembangan dan penguatan budaya literasi, baik di tingkat regional maupun nasional. Gaung literasi itu diperkuat oleh komitmen tinggi Program PPG Unesa yang tampil sebagai salah satu pusaran penting roda literasi tersebut.

Sebagai contoh, Direktur PPPG Unesa Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. memperlihatkan ketulusan dan perjuangannya dalam membangun budaya literasi di tingkat internal. Mulai medio 2014, ia mendirikan program kelas literasi bagi para anak didiknya atau mahasiswa PPPG Unesa sebagai salah satu program pilihan. Tidak cukup di situ, beberapa seminar literasi tingkat nasional dihelat di sana. Tercatat pada tahun yang sama PPPG Unesa dengan para pegiat literasi menandatangani komitmen bersama untuk ikut mendorong tumbuhnya budaya literasi. Tahun ini PPPG Unesa mewajibkan semua mahasiswa PPG dan PPGT untuk mengikuti kelas literasi.

Di Unesa sendiri, atmosfer literasi sesungguhnya sudah berembus lama. Hal ini dimulai dari sebuah forum silaturahmi alumni yang tergabung dalam mailing list Keluarga Unesa. Melalui diskusi-diskusi produktif terkait literasi, terbitlah beberapa buku yang digawangi para pegiat literasi tersebut. Buku itu, antara lain, adalah Ndoro Saya Ingin Bicara (2011), antologi puisi Gugat (2011), Pena Alumni: Membangun Unesa Melalui Budaya Literasi (2013), dan Boom Literasi: Menjawab Tragedi Nol Buku (2014).

Di level internal Unesa, mantan rektor Unesa Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd. menunjukkan gairah yang sama. Terakhir, ia merilis buku Mohon Maaf Masih Compang-camping yang merupakan kumpulan tulisannya selama menjabat sebagai rektor. Sementara itu, Prof. Luthfiyah semakin ”berlari” dengan melahirkan buku-buku catatan perjalanannya, termasuk pengalaman-pengalaman heroiknya selama membidani program SM-3T (sarjana mengajar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal).

Diakui atau tidak, Unesa tidak hanya merupakan LPTK yang mencetak banyak tenaga pendidik di Indonesia, tetapi juga para profesional di lintas bidang. Terkait literasi, satu hal yang perlu dicatat di sini adalah peran alumni Unesa di bidang tersebut. Dalam peta literasi Indonesia, Unesa termasuk banyak melahirkan penulis ternama serta pegiat pendidikan dan literasi. Mereka di antaranya adalah Much. Khoiri, Sirikit Syah, Satria Dharma, Shoim Anwar, Tjahjono Widarmanto, dan Martadi.

Maka, buku 50 Tokoh Inspiratif Alumni Unesa; Bekerja, Berkarya, Berprestasi ini mempunyai arti penting tidak hanya dalam tataran kepentingan Unesa, tetapi juga memperlihatkan kepada masyarakat akan kiprah dan motivasi dari para alumnus Unesa tersebut. Dedikasi, pengabdian, dan loyalitas mereka di bidang dan profesi masing-masing menjadi prestasi tersendiri yang dapat diambil nilai-nilai keteladanannya.

Di sinilah Unesa sesungguhnya telah membuktikan diri sebagai salah satu spektrum literasi terbesar di tanah air. Potensi-potensi luar biasa alumninya itulah yang perlu terus dirajut dalam sebuah sinergi dengan seluruh elemen Unesa untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan masyarakat Indonesia. Komitmen telah dibangun dan potensi besar lain masih perlu digarap dengan optimal. Kini tinggal melangkah dan mewujudkannya bersama-sama.

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Juni 22, 2015, in Literasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: