Bedah Buku 50 Tokoh Inspiratif Alumni Unesa


Tjatatan Must Prast

Semestinya peluncuran buku ini dilakukan pada Mei lalu, bertepatan dengan suasana Hardiknas. Namun, Sekjen IGI selaku komandan tim penyusun berada di luar pulau saat itu.

Maka, setelah pertemuan akhir Mei, disepakati bahwa buku ini akan dirilis secara resmi pada 16 Juni mendatang. Dr Yuni, PR 1 Unesa, sudah memberi restu. Lokasinya di aula rektorat kampus Ketintang.

Momentumnya sebenarnya agak kurang sip. Sebab, di Unesa sedang musim UAS dan penerimaan mahasiswa baru. Belum lagi suasananya menjelang bulan suci Ramadhan. Semua elemen pasti repot. Namun, saya optimistis soft launching buku ini yang dikemas dalam bentuk bedah buku akan berjalan lancar.

Persiapan kegiatan ini memang sangat mepet. Karena itu, melalui milis Keluarga Unesa ini, saya berharap seluruh rekan dan kolega dari unsur alumni serta dosen berkenan hadir pada 16 Juni mendatang. Setidaknya acara ini dapat menjadi sarana untuk reuni, menjalin silaturahim, dan mempersolid barisan alumni.

Buku ini tidak hendak mengecilkan peran dan prestasi alumni Unesa yang lainnya. Sebab, di luar sana masih banyak alumnus Unesa yang menuai karya serta prestasi gemilang di bidang masing-masing. Tentu saja diharapkan akan hadir buku lanjutannya dengan alumnus-alumnus cemerlang lain.

Kegiatan ini juga bukan bedah buku biasa. Pasalnya, tema yang diusung sangat gahar: Unesa Kampus Literasi. Artinya, buku ini sendiri telah menjawab bahwa tantangan Indonesia di masa sekarang dan yang akan datang adalah membenahi budaya literasinya. Unesa sebagai salah satu LPTK terbaik di Indonesia diharapkan mampu memainkan perannya di bidang literasi.

Jangan lupa bahwa semangat literasi yang kini jadi hangat di Indonesia tak lepas pula dari peran alumni Unesa. Buku ini merangkum perjalanan cemerlang 50 alumnus Unesa yang terjun di berbagai bidang, mulai pendidikan, politik, ekonomi, sosial, budaya, hingga militer.

Suntikan semangat dari kisah mereka diharapkan bisa melecut motivasi para mahasiswa Unesa saat ini serta menginspirasi alumni lain, termasuk masyarakat luas. Kita patut bangga terhadap 50 alumnus tersebut. Lebih-lebih lagi terhadap Unesa sebagai almamater yang melahirkan banyak alumnus hebat yang kini mengabdi di masyarakat.

Terima kasih kepada Rektor Unesa Prof Warsono. Terima kasih kepada Prof Kisyani-Laksono selaku penggagas buku ini dan PR 1 Unesa Dr Yuni yang mendukung penuh penyusunan buku ini. Terima kasih kepada 50 alumnus Unesa pilihan selaku narasumber buku ini. Terima kasih kepada Sekjen IGI dan kawan-kawan di tim penyusun.

Ke depan saya berharap tidak dimasukkan tim penyusun andai buku lanjutannya dibuat. Bukan karena sibuk mengerjakan tesis, tapi berharap agar saya bisa masuk di buku tersebut. Kapasitasnya? Pemuda harapan bangsa, idola Dasawisma, atau apalah….apalah….

Sidoarjo, 9 Juni 2015

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Juni 9, 2015, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: