Dapat Pengaduan karena Tulisannya Dikutip


Catatan Eko Prasetyo

editor.eko@gmail.com

Pada 13 Oktober lalu saya mendapat e-mail dari editor Penerbit Indeks yang mendapat pengaduan dari Riza Fitroh Kurniasih. Ia adalah mahasiswa FKIP jurusan biologi UMS dan aktif di Komunitas 3 Pena Buku (K3PB).

Fitroh pernah menulis resensi buku saya yang berjudul Kekuatan Pena (Indeks, 2011). Ia mengunggah resensi yang berjudul Sebuah Alasan Mengapa (Kita) Harus Menulis itu di blog pribadinya. Sumbernya: http://retakankata.com/2012/09/12/sebuah-alasan-mengapa-kita-harus-menulis/.

Saya sebenarnya berterima kasih karena buku saya diresensi oleh Fitroh. Karena itu, saya menukil artikelnya tersebut ke blog saya. Ini sumbernya: https://mustprast.wordpress.com/buku/kekuatan-pena/sebuah-alasan-mengapa-kita-harus-menulis/. Di situ saya mencantumkan nama peresensinya (Fitroh), sumbernya (retakankata.com), dan profesi peresensinya (mahasiswa FKIP biologi UMS).

Fitroh rupanya tidak terima tulisannya saya cantumkan di blog saya. Ia merasa bahwa saya melanggar sehingga mengadu kepada Penerbit Indeks di Jakarta.

Editor Indeks lantas menghubungi saya untuk memberikan penjelasan terkait pengaduan tersebut. Secara singkat, saya uraikan bahwa saya telah melakukan prosedur terkait pencantuman artikel resensi itu.

Sebenarnya, tidak ada pelanggaran hak cipta di sana karena saya sudah menyebutkan nama peresensinya, profesi dan lembaganya, serta sumber asli tulisan itu. Namun, apabila yang bersangkutan tetap tidak bisa menerima penjelasan tersebut, ya saya harus mencabut tulisan itu dari blog saya.

Saya punya pengalaman hampir mirip terkait persoalan tulisan yang dipublikasikan tanpa izin. Pada 15 Juni 2014, resensi saya tentang buku Membincang Pers karya Sirikit Syah dimuat Jawa Pos. Judulnya Membincang Pers di Era Demokrasi.

Satu pekan kemudian saya mendapat kabar dari redaktur harian Singgalang bahwa resensi saya tadi dimuat harian Padang Ekspres. Hal ini biasanya lazim terjadi karena Padang Ekspres merupakan koran di bawah Jawa Pos Group. Sangat mungkin artikel resensi tadi juga muncul di koran-koran Jawa Pos Group lainnya di beberapa daerah.

Tidak hanya tulisan di surat kabar. Banyak pula artikel saya di blog mustprast.wordpress.com yang diambil oleh orang lain untuk diunggah di blognya. Saya kira tidak ada masalah selama sumber asli dan nama saya dicantumkan di sana.

Semoga Fitroh membaca tulisan ini dan bisa menerima penjelasan saya. Terutama saya berterima kasih atas resensinya terhadap buku Kekuatan Pena yang mendapat sambutan baik dari pembaca di Indonesia.

Sidoarjo, 20 Oktober 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Oktober 20, 2014, in Menulis. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Oalaaahh…. memang cobaan penulis handal macam mustprast yak heheheh

Tinggalkan Balasan

