Mendorong Siswa Berpikir


Catatan Eko Prasetyo

(editor.eko@gmail.com)

Bermodal pengalaman ngangsu kawruh (belajar) di USAID Prioritas, saya mencoba mengajak diskusi nyonya yang berprofesi sebagai guru SD itu. Kami membincang praktik yang baik dalam pembelajaran. Salah satunya terkait dengan masalah pertanyaan.

Tak bisa dimungkiri, selama ini pertanyaan yang dilontarkan guru sering hanya ”meminta” siswa menjawab pertanyaan dengan benar. Padahal, pertanyaan yang baik adalah yang mendorong mereka untuk berpikir dengan melakukan observasi, mengolah imajinasi, dan berpikir alternatif.

Sore itu saya menyetel lagu favorit kami berdua: What a Wonderful World yang dibawakan Louis Armstrong dan Kenny G. Saya memberikan pertanyaan untuk membuat nyonya berpikir, yaitu: ”Jika Louis Armstrong dan Kenny G. adalah musisi yang berbeda generasi, apa yang bisa kamu tangkap dari duet di lagu ini?” Bukan jawaban benar atau salah yang saya inginkan, tapi jawabannya ternyata memuaskan: ”Teknologi membuat semua menjadi mungkin!

Semoga ia bisa mendorong siswa-siswanya untuk mencintai kegiatan membaca sehingga leluasa menumpahkan kreativitas mereka.

Sidoarjo, 10 Oktober 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Oktober 10, 2014, in Edukasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: