Media Literasi Sekolah


Catatan Eko Prasetyo

(editor.eko@gmail.com)

Media literasi, itulah ide yang dilontarkan Ketua Umum IGI Satria Dharma kepada Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan. Pak Kadispendik merasa klop jika bentuk media literasi tersebut adalah majalah. Untuk pelaksana teknisnya, yang didapuk ialah redaktur senior Duta Masyarakat Abdur ”Roy” Rohman.

Dari pengalaman pribadi membimbing materi jurnalistik di beberapa sekolah, saya menilai bahwa keberadaan media literasi sekolah amat penting. Selain mendukung program Kota Literasi yang dicanangkan Pemkot Surabaya, media tersebut bisa menjadi alat komunikasi dan pencitraan sekolah. Namun, yang lebih penting adalah mengajak warga sekolah untuk menumbuhkan iklim literasi.

Bentuknya? Bisa majalah dinding, majalah cetak, media literasi digital (daring/online), hingga buku besar literasi yang berisi aneka kliping yang memotivasi siswa untuk membaca dan menulis. Program Indonesia Emas dicanangkan tepat saat negeri ini berusia seabad. Dan itu membutuhkan generasi-generasi literat. Di sinilah benang merah media literasi sekolah tersebut diurai.

Unitomo, 9 Oktober 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Oktober 9, 2014, in Literasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: