Merdeka dengan Membaca


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

 

 

Siapa manusia paling merdeka di dunia ini? Jawabannya bisa bermacam-macam berdasar subjektivitas masing-masing individu.

Pada dasarnya, suatu aktivitas yang memberikan kenyamanan, ketenangan, dan inspirasi bisa membuat seseorang merasa merdeka. Di tengah deraan masalah sosial saat ini, mendebatkan topik politik jelas bukan pilihan yang pas. Sebab, hanya karena berbeda pandangan politik, dua tukang becak berkelahi.

Mengkritik kebijakan Kemendikbud terkait kurikulum 2013 yang masih semrawut juga bisa dikatakan buang energi. Toh, kurikulum baru dengan anggaran miliaran ini tetap diimplementasikan kendati banyak masalah pendidikan yang perlu perhatian lebih besar.

Bekerja dan berkegiatan yang tidak membuat hati kita damai tentu menyisakan persoalan tersendiri. Kalau itu terus berlangsung selama bertahun-tahun, seseorang bisa ”terpenjara” waktu sehingga menumpulkan kreativitasnya.

Bekerja di zona nyaman juga tidak lantas membuat kita menjadi manusia merdeka. Sebab, kenyamanan tanpa tantangan sulit membentuk karakter pejuang.

Maka, jika saya ditanya siapa insan yang paling merdeka? Jawabannya bisa dua. Pertama, orang yang berhasil buang hajat setelah lima hari kena sembeli. Kedua, mereka yang menikmati aktivitas membaca senikmat-nikmatnya sehingga memperoleh inspirasi yang mampu membuat dirinya melakukan sesuatu dan berubah lebih baik.

Karena itulah, mumpung Warung Ny Paidi masih berdiri tegak di kampus Unesa Ketintang, saya tidak akan melewatkan ngopi di sana sambil menuntaskan minimal lima lembar halaman buku.

Bacaannya kudu seperti apa? Ya, yang bikin kita nyaman. Kalau membaca buku seri petualangan Nick Carter seperti Dobel Identitas dan Kunci Rahasia yang berkover perempuan bule bisa bikin nyaman dan merdeka, mengapa tidak? Saran saya, jangan terlalu asyik membacanya saat ada nyonya di rumah atau kemerdekaan itu berubah menjadi prahara.

 

 

25 Agustus 2014

 

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Agustus 25, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Kalau boleh saya ikut baca bukunya Mas. Trim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: