Ramsey dan Utak-atik Gathuk


Oleh Eko Prasetyo

 

Sumber: Harian Bola, 13 Agustus 2014
 

 

Dalam ilmu kejawen atau kepercayaan masyarakat Jawa, ada istilah utak-atik gathuk. Sebutan ini merujuk pada upaya yang menghubungkan atau mencocokkan suatu peristiwa dengan kejadian lain.

Di dunia pewayangan, utak-atik gathuk sering dibumbui nasihat atau petuah kehidupan yang sesekali diselingi humor cerdas. Pelakonnya adalah punakawan seperti Semar, Petruk, Gareng, dan Bagong.

Namun, utak-atik gathuk ini ternyata tidak hanya dipercayai masyarakat Jawa, tapi juga dunia. Contohnya adalah mitos terhadap gol Aaron Ramsey, gelandang klub sepak bola Arsenal yang bermarkas di London, Inggris.

Banyak penggila bola (gibol) dunia yang percaya bahwa gol Ramsey membawa kutukan. Mantan pemain Cardiff City itu disebut-sebut sebagai bahu laweyan bagi (bahu laweyan adalah pembawa sial dalam kepercayaan Jawa) tokoh dunia.

Utak-atik gathuk ini dimulai ketika Ramsey menjebol gawang Manchester United pada 1 Mei 2011. Gol ini mengantarkan Arsenal memetik kemenangan 1-0 atas seterunya di Premier League tersebut. Sehari kemudian tokoh Al Qaeda, Usamah bin Laden, diberitakan tewas.

Pada 2 Oktober 2011, Ramsey mencetak satu gol ke gawang Tottenham Hostpur. Tiga hari kemudian, si genius Steve Jobs wafat karena sakit. Masih di bulan dan tahun yang sama, tepatnya 19 Oktober 2011, Ramsey membukukan gol ke gawang klub Prancis Marseille di Liga Champions. Keesokan hari dictator Libya Muammar Khadafi tewas dalam sebuah serangan.

Publik juga mencatat bahwa beberapa jam setelah Ramsey mencetak gol ke gawang Sunderland, biduanita kenamaan Whitney Houston ditemukan meninggal pada 11 Februari 2012.

Setahun berikutnya, 30 November 2013, Ramsey mengoyak gawang mantan klubnya, Cardiff City, yang membuka kemenangan 3-0 untuk Arsenal. Pada 1 Desember 2013, bintang Hollywood Paul Walker yang dikenal dengan Brian O’Connor dalam film Fast and Furious tewas. Walker meninggal di tempat kejadian setelah mobilnya menabrak pohon dan kemudian meledak.

Tak heran jika kemudian sebagian penggemar sepak bola dunia menjulukinya Shinigami, yakni nama Dewa Kematian dalam kepercayaan masyarakat Jepang. Saat sebutan ini disematkan pada Ramsey, banyak fans Arsenal yang menolak dan menyebut itu hanya kebetulan belaka.

Namun, gol teranyar Ramsey ke gawang Manchester City dalam Community Shield yang dimenangi Arsenal 3-0 pada 10 Agustus lalu itu membuka kembali keraguan mereka. Tak lama kemudian, aktor legendaris Robbin Williams ditemukan tewas bunuh diri di kediamannya di California, AS.

Motivasi

Utak-atik gathuk atau mencocok-cocokkan suatu kejadian dengan kejadian lainnya dalam dunia olahraga memang sulit diterima. Sebab, olahraga sangat menjunjung tinggi nilai sportivitas dan tidak terkait dengan unsur mistis –kendati ada pelaku olahraga yang memercayai mistis dalam dunia olahraga– yang melekat pada utak-atik gathuk ini.

Tentu saja penyematan gol kutukan pada Aaron Ramsey amat tidak menguntungkan bagi yang bersangkutan. Apalagi, yang lebih gila, ada fans yang menyebut bahwa gempa bumi dahsyat 8,2 skala Richter di Cile pada 2010 salah satunya terjadi karena Ramsey cedera kala itu.

Selain kecemasan yang berlebihan, dampak lain dari utak-atik gathuk ini adalah merugikan sang pemain. Tidak ada pesepak bola yang tak ingin mengukir prestasi. Bagi mereka, salah satu tolok ukurnya mudah dan jelas, yakni mencetak gol.

Bagi Ramsey, tentu tidak enak rasanya jika golnya disebut membawa apes atau kutukan buat orang lain yang notabene tokoh dunia. Ia mestinya termotivasi untuk mencetak lebih banyak gol dan membuktikan bahwa tidak banyak pula ”korban” golnya sehingga mitos itu akan hilang dengan sendirinya. Bukan makin surut dan paceklik gol yang membuat sepak bola kehilangan warnanya.

 

 

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Agustus 15, 2014, in Opini. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: