Mudik (3)


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Kearifan lokal yang kental. Itulah yang saya dapati di Pujon, Kabupaten Malang. Sebelum bersilaturahmi ke mertua di Pekalongan, saya memang lebih dulu mudik ke Pujon. Melepas rindu ke bapak dan ibuk. Setelah bapak pensiun dan memutuskan pindah ke Pujon, saya adalah orang pertama yang mendukungnya, bukan warga RT 48 di perumahan tempat saya tinggal.

Hawanya yang masih sejuk sangat tepat untuk menghabiskan masa pensiun sembari bertani di tegalan. Di belakang rumah kami, pemandangannya ajib tiada tara. Barisan bukit hijau yang dikelilingi pohon-pohon ara dan sawah terasering menambah kedamaian. Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan? (QS Ar Rahman).

Setiap singgah ke Pujon, saya hampir pasti menyempatkan mikcu (minum susu sapi segar). Pujon memang merupakan salah satu sentra penghasil susu sapi terbaik di Kabupaten Malang selain Ngantang. Sebagian besar penjual susu sapi di Sidoarjo itu kulakannya ya di Pujon. Namun, di Sidoarjo, susu sapi yang dijual di kedai-kedai STMJ tidak murni lagi karena dicampuri santan.

Tak perlu khawatir, jika ingin menikmati susu sapi asli, sang penjual tidak akan menyodori sapinya langsung. Sebab, di Pujon ada tempat yang bernama Koperasi Susu SAE Pujon. Tempat ini menjual aneka macam olahan susu sapi segar. Misalnya, yogurt, tahu susu, susu sapi biasa, dan es krim susu. Harga satu liter susu sapi murni cukup murah, sekitar Rp 4.000.

Ibuk selalu menyiapkan susu sapi segar buat kami. Saya paling suka kalau dicampur ke segelas kopi. Sembari nyeruput kopasus (kopi pake susu) di tegalan dan melepaskan pandangan ke perbukitan plus ditemani aroma kandang sapi, biyuh Gusti…yang namanya bayang-bayang tagihan pegadaian dan kredit panci langsung sirna.

Sidoarjo, 26 Juli 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Juli 26, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Hallo…pak Eko salam kenal ya…jujur saya sangat senang dengan gaya tulisan anda…..ringan dan informatif serta padat….dan selalu bikin senyum-senyum sendiri saya yang membacanya. Gaya tulisan anda nakal dan gatal…sedikit nggratil kata orang jawa hehehehe….maju terus ya pak…sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: