Penulis dan Kopi


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Bagi sebagian penulis, kopi itu merupakan sohib yang mampu menerjemahkan isi pikiran ke dalam tulisan. Maka, tidak mengherankan jika ada yang menyebut bahwa pengarang dan kopi itu satu senyawa.

Bagi saya, penulis yang tidak merokok itu biasa. Tapi, penulis yang tidak doyan ngopi itu aneh. Lebih aneh lagi jika ia tidak merokok, tidak ngopi, dan tidak menulis. Ini pasti patung polisi.

Minum kopi itu memberikan kekuatan dan nuansa tersendiri. Bagi seorang penulis, secangkir wedang kopi –apa pun jenisnya– mampu menyulap suasana menjadi segar dan menenangkan jiwa. Apalagi jika ditemani alunan jazz Teenessee Waltz-nya Norah Jones dan Bonnie Raitt atau Somewhere Over the Rainbow-nya Eric Clapton.

Maka, ketika hati gundah karena pegadaian tutup, tindakan yang bijaksana adalah silaturahim ke warung kopi. Cukup dengan segelas kopasus (kopi pake susu) atau kostrad (kopi susu dan kue tradisional), siap-siap digerojok ide yang bakal datang ibarat aliran Sungai Mahakam.

Dalam menulis, yang mahal adalah proses kreatif dan penggalian gagasannya. Maka, ketika diajak diskusi di Omah Wangi Trawas bersama beberapa dosen jagoan Unesa, kesempatan yang tidak saya sia-siakan adalah ngopi hasil seduhan seorang profesor cantik. Sementara tak jauh dari tempat tersebut terdengar suara gemericik air dari sungai kecil dan sapaan ramah garengpung.

Mungkin inilah puncak kenikmatan ngopi yang pernah saya rasakan. Jadi, yang memberikan ide tulisan ini sang profesor atau kopi racikannya? Maaf, sampai tulisan ini dibuat, saya tak bisa menjawabnya karena nyonya belum berangkat kerja.

2 Juni 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Juni 2, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: