Buku Tebal Milik Sirikit Syah


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Sumber: grazera.com

Sumber: grazera.com

Dalam perjalanan satu mobil ke Tuban Februari lalu, saya melapor ke Bu Sirikit Syah, dosen Stikosa. ”Bu, saya mau kuliah lagi,” ujar saya. Dia tanya jurusan apa dan kuliah di mana. ”Jurusan komunikasi Unitomo,” jawab saya.

Saya mengabarinya dengan niat minta buku. Apalagi, Bu Sirikit kenyang pengalaman sebagai wartawan di berbagai media massa. Koleksi bukunya terkait bidang media dan komunikasi bejibun. Pak Rukin Firda, wartawan senior Jawa Pos, pernah dapat lungsuran buku pula saat kuliah di Pascasarjana Unitomo.

Tujuan saya kesampaian. Saya mendapat buku Rambu-Rambu Jurnalistik (Pustaka Pelajar, 2010) karya Bu Sirikit. Buku ini sudah sulit diperoleh di toko buku di Surabaya. Saya sangat bersyukur akhirnya bisa mendapatkan buku ini. Gratis pula!

Tadi siang saya sowan ke Bu Sirikit untuk membahas kegiatan literasi. Ia mengabari bahwa bukunya yang dulu dipersiapkan untuk menyambut Hari Pers 2014 sudah terbit. Menurut dia, buku ini sebelumnya dua kali ditolak penerbit. Setelah ”sambat” ke Pak Dahlan Iskan, buku yang berjudul Membincang Pers, Kepala Negara, dan Etika Media tersebut akhirnya diterbitkan Gramedia melalui Elex Media Komputindo.

Begitu saya duduk di depan mejanya, beliau langsung menyodori buku yang masih bau toko itu. Alhamdulillah, bekal kuliah semakin mantap dengan dua buku setebal 331 halaman dan 352 halaman ini.

Sedikit menarik ke belakang, saya pernah ditanya seorang peserta bimbingan menulis tentang proses kreatif menulis. Saya hanya menjawab bahwa prosesnya bisa berbilang pekan, bulan, bahkan bertahun-tahun.

Dari buku terbaru Bu Sirikit, jawaban saya tadi ternyata mendapat pembenaran. Dalam buku yang berisi pemikiran, kritik, dan peran pers ini, ternyata ada artikelnya yang ditulis pada 2001. Itu berarti proses penulisan buku ini sudah berjalan sejak 13 tahun!

Surabaya, 26 Mei 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Mei 26, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

