Kematian yang Indah


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Kisah nyata ini saya nukil dari cerita seorang kawan redaktur di sebuah media di Surabaya. Dia mengisahkan bibinya yang mengalami kematian begitu indah –demikian ia menyebutnya.

Sang bibi bukan berasal dari orang berkecukupan. Kehidupan ekonominya bahkan bisa dibilang pas-pasan. Namun, bagi warga setempat, perempuan itu dikenal loman (gemar bersedekah).

Apabila ada makanan berlebih di rumahnya, ia tak sungkan membagikannya kepada tukang becak bermotor yang mangkal di situ. Soal shalat sunah seperti shalat Duha, janda yang berumur setengah abad lebih tersebut amat disiplin.

”Kebetulan siang menjelang sore pada hari itu aku mampir ke rumahnya,” ucap kawan saya. Dia datang ke sana karena mendengar sang bibi jatuh sakit dan sulit berdiri ataupun berjalan. Beberapa anak bibinya tersebut terlihat di situ.

Uniknya, saat melihat sanak familinya berkumpul, perempuan itu mendadak tampak segar, seolah tidak sedang sakit. Ketika waktu ashar tiba, ia masih sanggup mengambir air wudu dan mengikuti shalat jamaah di musala dekat rumahnya.

Selesai shalat Asar, ia meminta kawan saya tadi memijit kakinya. ”Sikilku kok pegel yo (Kaki saya terasa pegal),” tutur sang bibi. Rasa pegal itu tiba-tiba dirasakannya semakin sakit dan menjalar ke betis, lutut, lalu paha.

Sampai di situ, kawan saya mengira bahwa bibinya mengalami sakaratul maut –yang dalam hadis disebutkan bahwa rasa sakitnya begitu hebat. Dugaannya ternyata tidak meleset. Saat menahan sakit itu, bibinya sempat mengucapkan kalimat tauhid, tersenyum sebentar kepada keluarga yang ada di situ, dan ia wafat dengan tenang. Bibirnya yang sudah kaku menyisakan senyum.

Sidoarjo, 24 Mei 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Mei 23, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: