Gita Cinta dari SMK


Tjatatan Must Prast

fans Marlina

Salah satu film jadul kesukaan saya adalah Gita Cinta dari SMA (1979). Semua ini bermula dari lagu legendaris Galih dan Ratna yang ditulis Guruh Soekarno Putra dan dinyanyikan Chrisye. Dalam album remix NT XTC yang berisi karya-karya Guruh, arasemen Galih dan Ratna enak banget. Saya masih ingat betul bintang klip videonya adalah Gunawan dan Sarah Sechan.

Saat dipopulerkan kembali oleh D’Cinamons, saya makin jatuh hati pada lagu Galih dan Ratna. Untung, ada YouTube. Saya bisa menonton film Gita Cinta dari SMA yang dibikin ketika saya belum menyapa dunia itu. Film yang diperankan Rano Karno dan Yessi Gusman ini memang ciamsor, baik cerita maupun nilai-nilai moralnya.

Bayangkan, di film ini diperlihatkan bagaimana seorang siswa SMA mampu menulis puisi yang indah nan romantis. Gaya pacaran pelajar SMA jadul diwujudkan dalam semangat literasi. Lewat goresan pena.

Nilai penting lain dalam film ini adalah persahabatan yang baik dan banyaknya adegan belajar di dalam kelas. Beda jauh dengan sinetron masa kini yang banyak mengambil syuting pelajar SMP atau SMA di luar kelas yang minim pesan moral.

Original soundtrack film ini juga bagus banget. Yakni Gita Cinta di SMA yang dibawakan Chrisye. Lirik pertamanya saja sudah oke punya untuk ukuran anak usia SMA: Mekar bersemi untaian kasih, jumpa cinta pertama, telah ternanam rindu dendam, semakin dalam semakin kelam.

Film ini juga menyorot kegiatan ecotransport, yakni adegan bersepeda oleh Galih dan Ratna. So romantic! Menurut saya, film ini memang pas mengambil setting di SMA. Saya membayangkan jika mengambil latar SMK yang pada waktu itu didominasi murid laki-laki. Bayangkan jika yang beradegan romantis dengan bersepeda itu adalah dua insan yang jenis kelaminnya sama-sama cowok. Ampun mbokde!

Sidoarjo, 22 Mei 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Mei 22, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: