Mengoper Kunci Jawaban UN


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Kasihan anak-anak SMA ini. Mereka curhat habis-habisan soal ujian nasional (UN) dalam lomba menulis surat untuk Mendikbud Moh. Nuh. Lomba ini diadakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan kebetulan saya salah satu juri bersama dua orang lainnya dari kalangan pemerhati pendidikan dan guru.

Ada puluhan naskah yang sudah masuk sejak lomba ini dibuka awal Mei lalu. Pesertanya siswa SMA/MA/SMK dan lulusan itu pada 2013 dan 2012. Sebagian peserta memiliki teknik penulisan yang baik, sedangkan lainnya masih butuh polesan lagi.

Namun, bukan itu yang menjadi catatan utama saya, melainkan curhat mereka. Terasa sekali kerisauannya. Dari gaya menulisnya, saya tahu anak-anak ini memiliki kecerdasan yang sangat baik.

Di antara naskah-naskah yang sudah masuk, ada dua yang menarik perhatian saya. Salah satunya disampaikan seorang murid SMA dari Pinrang, Sulawesi, Selatan. Dia menyampaikan, ”Apakah Bapak sadar bahwa soal-soal ujian nasional kemarin di atas kemampuan rata-rata kami semua?”

Saya mencoba mencari informasi dari beberapa kawan pendidik. Mereka membenarkan kabar bahwa soal UN SMA memang sulit. Hal ini sempat menjadi diskusi hangat pula di forum Fb IGI.

Tetapi, tunggu dulu. Masih ada pengakuan lain dari salah satu peserta lomba ini. Ia berasal dari Tangerang. Secara blak-blakan, ia membuka tabir gelap UN di sekolahnya.

Pak Nuh, siapa bilang soal dengan menggunakan barcode akan lebih aman? Saya berlinang air mata ketika waktu menunjukkan 15 menit lagi berakhir dan masih ada sekitar 10 soal yang belum selesai, sedangkan teman saya yang duduk di belakang dengan enak mengoper kunci jawaban.”

Sidoarjo, 19 Mei 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Mei 18, 2014, in Edukasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

