Kalender Kita Hari Ini


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Suasana belajar di Perpustakaan Surabaya. (Foto: Evie Suryani/barpus)

Suasana belajar di Perpustakaan Surabaya. (Foto: Evie Suryani/barpus)

Obrolan yang produktif, itulah hasil diskusi saya dengan Mbak Evie Suryani, pustkawan Badan Arsip dan Perpustakaan (Barpus) Surabaya. Kami akan melakukan road show literasi di seluruh taman baca masyarakat (TBM) di Kota Surabaya. Targetnya adalah mendorong anak-anak usia SD hingga SMA untuk betah berlama-lama membaca buku. Termasuk menjadikan perpustakaan dan TBM sebagai tempat belajar yang asyik.

Sebelumnya, saya menyampaikan keluhan soal pelayanan petugas yang klemak-klemek di Perpustakaan Kota Surabaya di kawasan Rungkut. Tak dinyana, komplain ini langsung diteruskan ke Bu Arini Pakistyaningsih, kepala Barpus Surabaya, dan si petugas ditegur. Perpustakaan di Surabaya memang tengah getol berbenah. Hal ini terkait dengan pencanangan program Surabaya sebagai kota literasi.

Sebagai wujud komitmennya, Mbak Evie menunjukkan agenda dan foto-foto kegiatan literasi yang digagas Barpus Surabaya. Kebanyakan merangkum aktivitas anak-anak SD yang membaca buku-buku koleksi barpus. Ada pula kegiatan story telling yang melibatkan para pendongeng kondang Kota Pahlawan seperti Kak Handoko dan Kak Heru. Semuanya bertujuan agar anak-anak punya kesan menyenangkan terhadap buku.

Hari ini Mbak Evie dan kawan-kawan punya kegiatan literasi untuk memperingati Hari Buku Nasional. Ia juga mempersilakan saya membuat acara bedah buku Boom Literasi: Menjawab Tragedi Nol Buku yang ditulis rekan-rekan alumni IKIP Surabaya (Unesa) pada 17 Juni mendatang. ”Harus dan kami tunggu!” tegasnya sungguh-sungguh.

Ia tak lupa meminta saya membawakan buku tersebut untuk Bu Arini. ”Siapa tahu beliau berminat beli banyak untuk koleksi perpustakaan,” ucapnya. Saya mengiyakan.

Hari ini, 17 Mei, menyimpan banyak sejarah. Pada tahun 1950, di tanggal itu Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) didirikan di Jakarta. Salah satu inisiatornya adalah sastrawan Sutan Takdir Alisjahbana. Kendati diresmikan di Jakarta, sejatinya Medan telah memiliki perkumpulan penerbitan terlebih dahulu. Apalagi, pada zaman itu para penulis dari tanah Sumatera jumlahnya terbilang banyak dan produktif. Pada 17 Mei 1980, Perpustakaan Nasional RI diresmikan di Jakarta oleh Mendikbud Daoed Joesoef. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Buku Nasional.

Belajar menyenangkan di perpustakaan adalah salah satu program Barpus Surabaya. (Foto: Evie Suryani/barpus)

Belajar menyenangkan di perpustakaan adalah salah satu program Barpus Surabaya. (Foto: Evie Suryani/barpus)

Sebenarnya hari ini saya punya banyak kegiatan, termasuk sore hari dijadwalkan mengisi program literasi perdana untuk remaja masjid (remas) di Sidoarjo yang saya buat bersama Cak Yasin. Semuanya terpaksa ditunda karena saya ”kurang enak bodi”. Pagi ini saya juga batal sowan Festival Media ke gedung JX International (Jatim Expo).

Namun, program literasi bersama Barpus Surabaya akan tetap berjalan. Rasanya bangga sekali melihat kemajuan perpustakaan di Rungkut dan Balai Pemuda yang dikelola barpus. Tempatnya semakin ramai dan ramah pengunjung. Koleksi bukunya juga terus bertambah. Pemkot Surabaya telah berkomitmen menggelontor satu juta buku untuk program literasi di seluruh perpustakaan dan TBM se-Kota Pahlawan.

Tentu sangat disayangkan apabila koleksi buku tersebut tidak dimanfaatkan oleh warga Surabaya. Karena itu, saya ingin membangun sinergi dengan Barpus Surabaya agar anak-anak dan remaja mau berkunjung ke sana, meminjam buku, dan membacanya. Kalau selama ini ada slogan ”ayo ke bank”, sudah saatnya semboyan ”ayo ke perpustakaan” dikibarkan.

Sidoarjo, 17 Mei 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Mei 17, 2014, in Literasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: