Menjenguk Bapak


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Jumat, 18 April lalu, saya pulang ke Pekalongan. Tujuannya, menjenguk bapak mertua yang baru saja menjalani operasi ambeien. Sebelumnya, beliau memang mengeluhkan sakit saat buang air besar. Bahkan sampai keluar darah.

Akhirnya dokter menyarankan bapak untuk naik meja operasi. Bapak setuju. Beliau dioperasi di Rumah Sakit Bedah Aro, Kota Pekalongan. Tak jauh dari terminal dan sentra batik. Setelah lima hari di RS, bapak diizinkan pulang dan tetap menjalani perawatan selama proses pemulihan.

Saat kami datang, bapak masih mengeluhkan rasa nyeri pascaoperasi. Ketika ”buang hajat”, rasa sakit juga terasa. Kadang masih keluar darah. Untuk membantu pengeringan luka bekas operasi, beliau diberi obat oleh dokter.

Anak-anaknya yang kebanyakan berada di perantauan pun sepakat untuk berkumpul pada liburan Paskah, 18 April, tersebut. Kakak-kakak ipar saya yang tinggal di Depok, Solo, dan Jakarta datang bersama keluarga. Adik ipar saya yang berdinas di Semarang dan Jepara ikut hadir.

Ternyata kehadiran anak-anaknya membuat bapak bersemangat. Beliau nyaris tak menampakkan rasa sakit karena gembira dengan kedatangan keluarga besarnya. Kami semua turut menghibur bapak agar lekas pulih.

Empat kamar yang ada semuanya penuh. Anggota keluarga yang laki-laki akhirnya tidur di ruang tengah. Pada Minggu pagi, kakak dan adik ipar saya kembali karena Senin harus masuk kerja. Saya dan nyonya berencana pulang Senin dini hari.

Suasana pun sepi kembali. Kondisi bapak terus membaik. Minggu malam, selepas Isya, saya beristirahat dan bisa memilih tidur di kamar mana saja yang kosong. Saya memilih kamar kedua yang dulu memang kamar istri saya.

Saya lihat lampunya sudah dipadamkan dan sosok berselimut. Tanpa ba-bi-bu, saya langsung memeluknya erat-erat. Maklum, selama keluarga besar berkumpul, saya tidak tidur sama nyonya. So awak ini kangen berat. Begitu saya peluk, terdengar suara agak berat dan suara itu milik ibu mertua saya. Ampun mama!

Sidoarjo, 1 Mei 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Mei 1, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

