Text & The City (2)


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Wali kota koboi Tri Rismaharini membuat kebijakan khusus di bidang pendidikan untuk Kota Surabaya. Salah satunya adalah pengembangan layanan perpustakaan umum dan taman baca. Total ada sekitar 980 taman baca dan perpustakaan umum di seluruh Kota Pahlawan.

Lokasinya meliputi balai RW, sekolah, rumah sakit, puskesmas, dan taman baca. Risma –sapaan Tri Rismaharini– menggelontor satu juta buku untuk menyukseskan program gemar membaca tersebut.

Di bawah instruksinya pula, Perpustakaan Kota Surabaya berbenah untuk menarik minat masyarakat datang ke sana. Beberapa kali berkunjung ke tempat itu, saya memang melihat antusiasme warga untuk meminjam dan membaca buku di sana sangat baik.

Kepala Baperpus Surabaya Arini Pakistyaningsih juga membuat konsep-konsep menarik agar anak-anak dan remaja betah membaca buku di kantornya. Dulu, sepuluh tahun lalu, Perpuskot Surabaya seperti berada di tengah-tengah padang gersang. Sepi. Kini pemandangan seperti itu tidak ada lagi.

Keseriusan Pemkot Surabaya untuk melakukan gerakan literasi juga ditunjukkan dengan pelatihan khusus bagi sekitar 400 petugas perpustakaan. Mereka nanti ditugasi menari, mendongeng, hingga menyanyi agar anak-anak Surabaya gemar membaca. Perpustakaan keliling pun getol menyambangi pusat keramaian seperti Taman Bungkul, Taman Pelangi, Balai Pemuda, hingga mal.

Tak heran jika Maret 2014 Surabaya diganjar penghargaan Millenium Development Goals Award 2013 di bidang pendidikan. Khususnya dalam pengembangan layanan bacaan masyarakat. Menyongsong Hari Pendidikan Nasional, Risma sudah bersiap memberikan komando baru: Menjadikan Surabaya sebagai kota literasi. Ayo rek mlaku-mlaku nang perpus!

Surabaya, 28 April 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on April 28, 2014, in Literasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: