Kang Tedi (2)


Catatan Eko Prasetyo

Mulai 2011 Jawa Pos punya program Cycling dan mendapat halaman tersendiri di kopel nasional. Kebetulan Azrul Ananda, bos Jawa Pos, sedang keranjingan bersepeda. Pada tahun itu adafasilitas kredit sepeda onthel dengan diskon khusus untuk karyawan Jawa Pos. Jadilah saya membeli satu sepeda lipat seharga Rp 1,4 juta.

Saya membeli satu lagi dari jenis city bike. Keduanya kini saya taruh di kediaman saya di Pandaan. Sepeda pertama saya ”perawani” dari Pandaan menuju Singosari. Sesampai di lokasi, napas rasanya mau copot. Betis serasa nambat bobotnya dua kilo. Pulang ke Pandaan saya mencarter pikap.

Saat bertemu Kang Tedi, saya sadar bahwa bersepeda harus dilakukan dengan nyaman agar tidak kapok. Dalam presentasinya di hadapan ratusan peserta workshop ecotransport Sobat Bumi Pertamina Foundation di SMAN 10 Malang (22/4), ia mengutip kalimat: ”The best way to change people’s negative perceptions of cycling is to give them a fun, 10 minute cycling experience.”

Banyak wawasan tentang aktivitas bersepeda yang ia berikan. Suasana aula workshop di lantai dua menjadi heboh ketika Mas Tedi membawa sepedanya. Ketika Cak Habe dan tim Pertamina Foundation naik kendaraan dari Hotel Amaris ke SMAN 10, Mas Tedi justru nggowes.

Seberapa istimewa sih sepedanya? Diamput, ternyata yang dibawa ke SMAN 10 buluk banget. Kotor, banyak bekas lumpur. Ini membuktikan bahwa Mas Tedi adalah pesepeda sejati, bukan sekadar penyepeda.

Kiranya Cak Habe tidak salah ”ngebon” Mas Tedi untuk memberikan spirit kepada ratusan siswa dari 11 sekolah di Kota Malang. Saya pernah membaca tulisan Mas Tedi saat melancong Ho Chi Min City, Vietnam, dengan ngonthel di majalah National Geograpic. Ia memang pegiat ecotransport sejati!

Surabaya, 24 April 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on April 27, 2014, in Ecotransport. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

