H-21 Peluncuran Boom Literasi


Tjatatan Must Prast

BOOM!: Buku terbaru dari alumni IKIP Surabaya. (Foto: mustprast/jowo pas)

BOOM!: Buku terbaru dari alumni IKIP Surabaya. (Foto: mustprast/jowo pas)

Pekan-pekan ini sungguh melelahkan. Pikiran dan tenaga saya terbagi untuk beberapa pekerjaan sekaligus. Saya ditunjuk sebagai ketua panitia seminar kebudayaan dan pendidikan pada 15 Juni nanti oleh Sirikit School of Writing. Di sisi lain, saya mesti mengawal buku Boom Literasi: Menjawab Tragedi Nol Buku. Termasuk mengoordinasi liputan area Jatim untuk sebuah koran lokal.

Kesibukan lain? Masih banyak. Kepala SMAN 5 Surabaya Dra Sri Widiati meminta saya sebagai juri lomba menulis cerpen untuk Hardiknas. Saya juga mesti melakoni syuting film independen tentang literasi. Belum lagi membantu Pak Habe Arifin untuk mengampanyekan gerakan ecotransport di SMAN 10 Malang.

Yang lain? Koordinasi pelatihan menulis yang dihelat HMJ bahasa Indonesia Unesa sekaligus persiapan launching majalah Widyawara edisi kedua. Belum cukup? Saya diminta memberikan motivasi nge-blog untuk ratusan guru bersama dedengkotnya guru bloger, Om Jay, tepat pada Hardiknas. Komunitas Perempuan Menulis juga telah memplot saya untuk membius para peserta workshop menulis khusus para mahmud (mamah muda), juga pada bulan Mei.

Namun, di antara semua itu, kiranya persiapan buku Boom Literasi membuat saya dan tim editor sedikit tenang. Setidaknya kata pengantar buku sudah dibuat oleh Pak Khoiri, komandan tim. Pak Hartoko pun siap memfasilitasi publikasi di depan awak media pada soft launching nanti. Desain dan layout sudah mencakup 70 persen.

Buku ini jelas punya gengsi tersendiri. Ibaratnya, dari alumni Unesa untuk Indonesia. Harapannya, buku ini memacu Unesa untuk segera memiliki lembaga pusat literasi sendiri. Di sisi lain, buku ini menjadi kado di Hari Pendidikan Nasional serta Prof Muchlas Samani dan Prof Nur Hasan. Juga kado untuk masyarakat Indonesia yang hari ini memperingati Hari Kartini. I love you para mama…. Matur tengkyu.

Percetakan Karah Agung, 21 April 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on April 21, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

