Membuat Miniatur Situs Trowulan


Surya

Kamis, 10 April 2014 15:07 WIB

Membuat Miniatur Situs Trowulan

Eko Prasetyo

Oleh : Eko Prasetyo
Pengajar di Sirikit School of Writing
editor.eko@gmail.com

Kita pantas khawatir soal terancamnya kelangsungan situs Trowulan di Kabupaten Mojokerto. Mengapa demikian? Pasalnya, cagar budaya peninggalan Kerajaan Majapahit itu masuk daftar situs bersejarah dunia yang terancam punah versi World Monuments Watch (WMW).

Dalam catatan sejarah, salah satu kerajaan Hindu terbesar di Nusantara tersebut menuju kepunahan pada abad ke-15. Berbagai konflik antarpewaris tahta melemahkan kerajaan yang hampir menguasai wilayah Asia Tenggara itu. Saat ini Majapahit menuju kepunahannya kembali.

Adalah tugas dan tanggung jawab semua elemen masyarakat untuk melestarikan situs-situs bersejarah di Indonesia. Termasuk, situs Trowulan ini. Hal ini sepatutnya menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Bagi generasi muda, kiranya perlu ditanamkan rasa cinta terhadap bangsa yang ditunjukkan dengan ikut memelihara situs bersejarah.

Banyak cara untuk melestarikan dan menyelamatkan bangunan bersejarah seperti situs Trowulan. Misalnya, membuat miniatur situs Trowulan atau candi-candi di sana dari kayu, kardus, atau barang bekas lain. Selain melatih kreativitas dan menghasilkan uang, upaya ini menjadi bagian dari sosialisasi pelestarian bangunan cagar budaya. Jangan sampai ada anak didik kita yang tidak tahu adanya situs bersejarah karena telanjur punah oleh ulah manusia sendiri.

Editor: Tri Hatma Ningsih

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on April 10, 2014, in Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: