KB Lanang


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Pemkot Surabaya saat ini tengah gencar menyuarakan program keluarga berencana (KB). Tujuannya tentu saja untuk menekan angka pertumbuhan penduduk. Bonus demografi di Kota Pahlawan justru menyisakan masalah tersendiri.

Salah satunya adalah lonjakan jumlah penduduk melalui angka kelahiran. Data dispendukcapil mencatat, pada 2012 saja ada 3.120.187 orang di Surabaya. Namun, hal ini tidak sebanding dengan pertumbuhan infrastruktur. Maka, tidaklah mengherankan jika Kota Surabaya kini kian akrab dengan kemacetan.

Pemkot lewat Bapemas Surabaya pun rajin blusukan ke kawasan-kawasan padat penduduk. Sasaran mereka adalah warga yang memiliki ”keluarga besar” alias punya banyak anak.

Sosialisasi juga dilakukan di kantong-kantong kemiskinan. Salah satu KB yang ditawarkan adalah vasektomi. Yakni bedah minor untuk mencegah transportasi sperma pada testikel dan alat genital pria.

Di Surabaya, vasektomi lazimnya juga disebut KB lanang karena pesertanya adalah kaum adam. Tadi malam kebetulan ada reportase khusus 360 di Metro TV tentang KB lanang di Surabaya. Reporternya pun idola saya: Jane Simangunsong!

Jujur, saya membayangkan Jane Simangunsong, eh keliru maksudnya membayangkan vasektomi itu mengerikan. Dalam bayangan saya, ruang bedah vasektomi itu begitu horoorr, apalagi jika ada mesin bubut, mesin pemotong rumput, hingga samurai. Tidaaaaaak.

Ups, maaf, saya lepas kendali. Tapi, yang jelas saya ikut mendukung program Pemkot Surabaya ini. Mengapa demikian? Sebab, Kota Pahlawan diprediksi akan mengalami kemacetan sama dengan ibu kota beberapa tahun lagi. Salah satunya disebabkan faktor kepemilikan kendaraan bermotor dan tingginya angka kelahiran.

Nah, KB lanang ini setidaknya menjadi harapan untuk menekan jumlah penduduk. Bagaimana dengan KB wedok? Pesertanya tentu kaum hawa saja, kecuali BCL: bohay, cantik, tapi lanang.

Surabaya, 4 April 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on April 4, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: