Mempersiapkan Buku Literasi Lagi


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Alumnus IKIP Surabaya bakal nguntal gajah lagi. Ini terkait dengan semangat mendorong iklim literasi di lingkungan almamater serta barisan alumni. Desember silam, misalnya, sebagian alumnus memberikan kado buku Pena Alumni, Membangun Unesa Melalui Budaya Literasi.

Kekompakan yang terbangun di forum dumay terbawa hingga dunia nyata. Alumni dari berbagai profesi itu urun pemikiran, tenaga, hingga materi yang diwujudkan dalam buku tersebut. Harapannya, kultur literasi yang sudah dikembangkan saat ini bisa semakin maju dan mampu memberikan kontribusi riil di masyarakat.

Hanya, tema buku tersebut masih sangat sempit lantaran ditujukan pada civitas academica serta alumni IKIP Surabaya saja. Nah, nguntal gajah di sini memberikan implikasi lain. Sasaran selanjutnya diperluas. Menasional.

Karena itu, awal Maret 2014 ada ide untuk menulis buku bertema literasi yang bisa menjangkau pembaca umum. Mulai aktivitas membaca, menulis, mendongeng, stand up comedy, hingga menonton film.

Para penulis kondang lulusan IKIP Surabaya sudah tentu diharapkan mewakafkan tulisan-tulisan mereka terkait topik ini. Di antaranya, Djoko Pitono (Radar Surabaya), Rukin Firda (Jawa Pos), Satria Dharma (IGI), Habe Arifin (Tunas Bangsa), Luthfiyah Nurlaela (PPG Unesa), dan Icha Fatawi (SMPN 2 Kedungadem, Bojonegoro). Termasuk rekan-rekan lain di komunitas Ganesa. Para sahabat yang kini ngangsu kawruh di Jepang dan Australia juga diminta untuk memberikan warna pada buku ini.

Rencananya, buku tersebut akan diluncurkan pada momen Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional. Deadline pada 15 April sudah semakin dekat. Semoga target 400 halaman terpenuhi.

Ups maaf, bukan tebal atau tipisnya buku yang menjadi prioritas, melainkan kontribusinya bagi masyarakat. Dan tentu saja generasi muda saat ini. Syabas!

Sidoarjo, 28 Maret 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Maret 31, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: