Lawra


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Saya baru tahu ada istilah direct selling dalam kampanye menjelang pemilu legislatif. Ceritanya, pekan lalu ada beberapa orang yang berkaus salah satu parpol peserta pemilu. Mereka mengunjungi tiap rumah di kompleks saya tinggal.

Layaknya sales promotion girl (SPG), orang-orang tersebut menyapa tuan rumah dengan ramah. Selanjutnya bisa ditebak, masing-masing menyebarkan brosur tentang parpol mereka dan menjelaskan sebentar mengenai program-program parpol.

Meminjam istilah ketua RW kami, upaya kampanye dari rumah ke rumah (door to door) ini lazimnya disebut direct selling. Tidak terlihat politik uang atau serangan fajar. Padahal, saya sudah ngarep banget, eh menanti-nanti untuk menulis laporan jika hal itu terjadi.

Akhirnya, rumah saya kebagian didatangi oleh salah seorang ”SPG” parpol tersebut. Ampun mama! Ternyata yang menyapa ramah itu sosok cantik. Perawakannya tinggi, gincunya ungu menor, dengan lengan agak sekel. Bohay abis!

Dengan sikap sempurna, saya menyambutnya dengan ramah pula. Wibawa harus dijaga betul-betul agar nyonya tak berprasangka macam-macam. Sebab, tamu saya ini geboy bukan main.

Setelah sekitar lima menit, ia permisi pergi dan berlanjut ke rumah tetangga. Saya lantas bertanya mengapa nyonya biasa-biasa saja, padahal tamu kami tadi termasuk golongan B alias berpotensi memicu prahara.

”Itu tadi Lawra, Mas,” jawabnya santai.

”Hah? Iku kancamu tah? (Itu kawan kamu?)” tanya saya.

”Bukan, Lawra itu lanang ora, wedok ora!”

Surabaya, 27 Maret 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Maret 31, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

