Gara-gara Sugik


Tjatatan Must Prast

Klub Baca Buku IGI

Kehilangan konsentrasi itu memiliki risiko yang sangat tinggi. Bahkan, pada taraf tertentu, ketidakfokusan bisa merenggut nyawa. Misalnya, kecelakaan lalu lintas yang disebabkan si pengendara kehilangan konsentrasi.

Contoh lainnya, pertengahan Maret lalu saya menyaksikan Stand Up Comedy 4 di Kompas TV. Waktu itu komika (stand up comedian) yang tereleminasi adalah Wendi asal Bandar Lampung. Wendi ini bukannya tidak lucu. Malah, dalam penampilan awalnya, pemuda yang merupakan komika kondang di Lampung itu mampu mengocok perut saya. Materinya segar dengan logat yang khas.

Sayangnya, Wendi harus angkat koper lebih dini setelah nge-blank alias lupa materi. Menurut tim juri, Raditya Dika dan Indro Warkop, kehilangan fokus sehingga lupa materi merupakan kesalahan yang amat fatal dalam stand up comedy.

Namun, siapa saja pasti pernah mengalami hal ini. Tak heran, sampai-sampai ada peringatan di sebuah bus AKAP yang berbunyi: Jagalah Sulastri, eh maaf maksudnya Jagalah Konsentrasi. Nah, ini nih contohnya barusan: nge-blank atau dalam bahasa Tiongkok dikenal sebagai ra kon sen.

Kehilangan konsentrasi juga bisa memicu prahara rumah tangga. Ini yang nyaris saya alami baru saja. Setelah berolahraga sore (mencuci baju dan celana sebanyak dua bak gede), saya menerima instruksi nyonya untuk beli Aqua dan tisu di minimarket.

Di sana saya sempat melihat Sugik (sosok uayu ginuk-ginuk) yang kebetulan tetangga satu kompleks. Kami sempat bertegur sapa. Yang ini murni Sugik, bukan Lawra. Setelah membayar di kasir, saya pulang. Tapi, nyonya berkata dengan nada setengah tinggi, ”Maaas…..kok beli pembalut?!”

#Akurapopo

Sidoarjo, 30 Maret 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Maret 31, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: