Profesi Penerjemah yang Menggiurkan


Surya

Kamis, 20 Maret 2014 19:05 WIB
Profesi Penerjemah yang Menggiurkan

Eko Prasetyo

Oleh : Eko Prasetyo
Pegiat literasi
editor.eko@gmail.com

Di Indonesia buku-buku asing merupakan sumber literatur yang penting. Namun, belum banyak sumber asing tersebut yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Di sisi lain, tidak semua buku asing memiliki terjemahan yang baik dan mudah dipahami pembaca.

Karena itu, Sirikit School of Writing (SSW) mengadakan workshop seni menerjemahkan dengan narasumber Sirikit Syah dan Paulina Susetyo. Sirikit menjelaskan, aktivitas penerjemahan bisa menjadi lahan pekerjaan yang sangat menjanjikan bagi pemandu wisata, pendamping pengusaha asing, pegawai, hingga penulis.

”Hanya dengan duduk manis di rumah, kita bisa menghasilkan uang Rp 100 ribu atau Rp 150 ribu per lembar untuk terjemahan. Jadi, sebenarnya ini bisa menjadi profesi yang amat menjanjikan,” tegas Sirikit.

Sementara Paulina mengulas lebih banyak seputar dunia penerjemahan profesional seperti business letter, artikel, dan lain-lain serta poin-poin penting yang perlu diketahui para peserta workshop. ”Yang perlu diperhatikan adalah struktur agar kalimat bisa dibaca dan dipahami. Maka, hal utama yang patut diketahui adalah harus menguasai bahasa Indonesia secara baik dahulu,” ujarnya.

Setelah menerima materi dari kedua narasumber, peserta berlatih menerjemahkan dan hasilnya dibahas bersama dan diulas pemateri. Yang menarik, pelatihan seni menerjemahkan ini diikuti berbagai kalangan, dari dokter, dosen, hingga pelajar SMA.

Endang Setiowati, guru otomotif SMKN 5 Surabaya, mengaku senang bisa mengikuti workshop tersebut. ”Materinya bagus. Saya berharap dapat mengaplikasikan ilmu ini ketika senggang di rumah. Di sisi lain, saya ingin meningkatkan kemampuan menerjemahkan dalam bahasa Inggris,” tutur perempuan berjilbab itu.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Maret 28, 2014, in Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: