Agar Artikel Layak Muat


Surya

Minggu, 2 Maret 2014 20:05 WIB
Agar Artikel Layak Muat

Eko Prasetyo

Oleh : Eko Prasetyo
Pegiat literasi
editor.eko@gmail.com

Tidak semua orang bisa menulis artikel opini. Karena itu, perpustakaan Universitas Airlangga (Unair) yang bekerja sama dengan Sirikit School of Writing menyelenggarakan pelatihan menulis artikel opini di media massa, Rabu (26/2).

Acara tersebut mengundang minat para peserta dari berbagai profesi. Di antaranya, pustakawan, dosen, guru, mahasiswa, bahkan dokter. Mereka kompak ingin mengetahui trik-trik agar tulisan opini bisa dimuat di surat kabar.

Pengamat media Sirikit Syah diundang sebagai pembicara menjelaskan manfaat dan pentingnya menulis di koran. Salah satunya, selain mengangkat popularitas, menulis opini di media massa bisa mendatangkan keuntungan finansial.

Kolumnis yang pernah menjadi wartawan Surabaya Post, SCTV, RCTI, dan The Jakarta Post itu juga memberikan kiat menulis opini yang layak dimuat. Menurut perempuan berjilbab tersebut, judul opini harus memikat dan lead mesti menarik supaya bisa lolos seleksi awal dari redaktur.

Aspek lain yang tak kalah penting adalah aktualitas dan faktualitas tulisan opini. Dia mengatakan, opini yang mengangkat isu aktual lebih berpeluang ditayangkan dibandingkan artikel yang mengusung tema umum.

Direktur Sirikit School of Writing itu juga memaparkan bahasa populer yang digunakan dalam artikel opini. Ia mengingatkan, tulisan opini sebisa-bisanya menghindari penggunaan banyak istilah asing dan paparan ilmiah.

Narasumber lainnya ialah jurnalis Eko Prasetyo. Dia memaparkan banyak hal tentang tuntutan dan selera redaktur. Sesi ini semakin membuat peserta antusias sehingga mereka tak segan melontarkan banyak pertanyaan seputar teknik dan kiat agar opini laku di mata redaktur.

Terakhir, peserta diajak menulis opini pendek. Hasilnya kemudian dianalisis oleh Sirikit. Yobi, salah seorang dokter anastesi yang mengikuti workshop, terpilih sebagai salah satu peserta terbaik dan mendapat hadiah buku Kekuatan Pena dari panitia.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Maret 28, 2014, in Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: