USD 5 Per Kata


Tjatatan Must Prast

penggemar kopi tubruk dan rondo royal

Di luar negeri, profesi penulis itu sangat menggiurkan. Untuk penulis bayangan (ghostwriter), tarifnya bisa mencapai USD 5 per kata. Kalau kurs dolar saat ini Rp 11.800, tarifnya sama dengan Rp 59 ribu. Itu baru tarif per kata!

Kalau satu halaman saja terdiri atas rata-rata 900 kata, honornya mencapai Rp 10.620.000. Jika ia menulis satu buku setebal 200 halaman, honor nulisnya sebesar Rp 2 miliar lebih.

Itu di luar negeri. Bagaimana dengan nasib penulis bayangan di Indonesia? Paling pol angkanya masih dalam digit ratusan juta. Dengan catatan, penulisnya sekaliber Bambang Trim (copywriter kondang) atau Albertine Endah (penulis biografi beberapa tokoh terkenal).

Saya paling banter cuma dibayar Rp 40 juta untuk penulisan satu buku biografi dan memoar. Angka ini masih dibagi dengan tim (satu periset dan satu penulis). Take home pay yang saya peroleh maksimal Rp 20 juta.  

Umumnya, patokan tarif para ghostwriter di Indonesia adalah biaya per halaman atau flat per buku. Ada yang mematok tarif Rp 100 ribu per halaman, ada juga yang sampai Rp 300 ribu tiap halaman.

Saya biasanya dikontrak untuk penulisan satu buku. Namun, jika menyunting atau menjadi editor, baru tarif yang saya berlakukan adalah per halaman.

Seperti sekarang ini, saya sedang mengerjakan buku kisah inspiratif anak-anak Papua yang bersekolah di SMAN 10 Malang dan SMKN 1 Probolinggo. Sponsornya sebuah perusahaan di Jakarta. Tarifnya? Persahabatan sajalah. Siapa tahu nanti job ditambah lagi dan tarifnya ditawar menjadi tarif persaudaraan. Mati aku!

Surabaya, 28 Februari 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Maret 15, 2014, in Menulis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: