IKA Unesa Periode Melempem


Tjatatan Must Prast

Memprihatinkan. Digadang-gadang lebih baik daripada kepengurusan di era (alm) Pak Nyoman, IKA Unesa periode ini malah sepi sepak terjang. Tidak ada sesuatu yang nendang. Yang ada hanya eyel-eyelan di level internal pengurus.

IKA Unesa yang diharapkan mampu menjalankan roda organisasi alumni secara baik justru melempem. Upaya untuk menyejajarkan diri dengan IKA perguruan tinggi lain seperti Unair dan ITS saja terasa berat.

Yang ironis, amat patut diduga bahwa IKA Unesa hanya dijadikan ajang untuk mengeruk kepentingan bagi segelintir oknum. Dampaknya, nyaris tak ada kontribusi bagi alumni Unesa yang tiap tahun lulusannya berjumlah ribuan. 

Sebagai alumnus IKIP Surabaya (Unesa), saya pribadi tidak melihat kiprah nyata IKA Unesa. Kartu anggota alumni saja tiada berguna, tak seperti kartu alumni kampus lain yang bisa dipakai seperti belanja buku, mendapat potongan menginap di hotel, dan lain-lain.

Koordinasi pengurus terlihat tidak berjalan mulus. Ini memperkuat indikasi bahwa pemilihan pengurus IKA Unesa tak jauh beda dengan pemilihan calon rektor Unesa yang berbau transaksional. Maksudnya, ada aroma tawar-menawar. Menyedihkan.

Masa kepengurusan IKA Unesa tidak lama lagi. Namun, waktu yang sedikit ini justru tidak dikondisikan dengan kiprah nyata untuk alumni. Dengungnya nyaris tak terdengar sama sekali.

Jika terus-menerus seperti ini, kata apa lagi yang cocok untuk menggambarkan kondisi IKA Unesa selain MELEMPEM? Ini bukan pandangan skeptis, tapi harapan besar untuk kebaikan organisasi besar seperti IKA Unesa. Apabila kevakuman ini terus dibiarkan sampai masa kepengurusan periode ini berakhir, alangkah tidak eloknya.

Ke depan kita membutuhkan tokoh-tokoh pemimpin yang mau bekerja dan berkorban demi kemajuan almamater dan alumni. Di luar sana masih ada ratusan alumnus Unesa yang kesulitan mencari sesuap nasi dan berharap IKA Unesa bisa menjadi jembatan. Masalah ini harus dipikiran dan dicarikan jalan keluarnya, bukan malah mencari keuntungan pribadi dan kelompok di organisasi seperti ikatan alumni.

Malang, 5 Maret 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Maret 15, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: