Bu Nurtik


Catatan Must Prast

Awal Februari lalu saya menerima kabar tentang kiprah orang ini. Usianya sudah 54 tahun atau kelahiran 1960. Kendati gaek, semangatnya dalam beberapa hal patut diacungi jempol.

Boleh dibilang, ia adalah pegiat ecotransport sejati dari Cerme, Gresik. Sejak muda, perempuan yang bernama lengkap Nurtik ini akrab dengan berjalan kaki dan bersepeda. Itu dilakukan jika jarak tujuan tak terlalu jauh.

Jika tujuannya adalah luar Gresik, ia memanfaatkan moda transportasi seperti angkot atau bus. Padahal, anak-anaknya siap mengantarkan dengan kendaraan pribadi jika ia mau. Tapi, itu tidak dilakukan atau lebih tepatnya jarang sekali.

Saat rapat redaksi di sebuah majalah lokal, namanya disebut-sebut untuk segera diprofilkan. Pertimbangannya, Bu Nurtik beberapa pekan terakhir getol belajar membaca Alquran di sebuah pesantren Alquran di Surabaya.

Semangatnya memang tiada dua. Ia rajin mengikuti jadwal belajar dan selalu datang tepat waktu. Ia berangkat dari Gresik dengan menumpang angkot ke Kota Pahlawan. Tujuannya satu: bisa membaca Alquran. Dia punya prinsip tak ada kata terlambat untuk belajar.

Tugas mewawancarainya ditampukkan ke pundak saya. Belum sempat saya sowan ke rumahnya, kemarin saya menerima kabar duka bahwa Bu Nurtik tutup usia lantaran sakit.

Seorang rekan menyarankan lebih baik profilnya diganti dengan sosok lain. Saya tidak setuju. Semangat Bu Nurtik harus tetap dihidupkan dalam tulisan itu.

Sidoarjo, 12 Februari 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Februari 18, 2014, in Sosok. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: