Guru Bahasa Inggrisku Gagal


Tjatatan Must Prast

Apa tugas guru? Sebagai orang awam, saya ingin merincinya.

  1. Mencerdaskan siswa.
  2. Membuat siswa paham akan materi yang diberikan.
  3. Menanamkan moral yang baik.
  4. Ucapan dan perbuatan harus sejalan agar menjadi teladan buat siswa-siswinya.
  5. Mengambil  peran orang tua di sekolah.
  6. Mampu menjalin sinergi dengan atasan, sejawat, orang tua siswa, siswa, dan lingkungan sosialnya.
  7. Menjadi sosok yang selalu haus belajar, belajar, dan belajar.
  8. Menjalankan tugas pokok dan fungsionalnya sebagai guru sesuai aturan yang berlaku.

Tentunya masih banyak tugas guru. Tak heran jika banyak pendapat bahwa menjadi guru itu berat dan tidak mudah. Memang demikian kenyataannya. Guru adalah profesi yang spesial karena ia bisa mencetak seorang pemimpin yang berintegritas, juga pemimpin brengsek.

Tidak ada orang yang tidak pernah dipoles oleh guru, kecuali mereka yang memang tidak pernah mengenyam bangku sekolah. Faktanya, pintu menjadi guru kini mudah. Seorang lulusan SMA pun ada yang menjadi guru.

Alhasil, produk yang dihasilkan pun berkualitas seadanya. Seperti saya ini. Belajar bahasa Inggris mulai SMP sampai SMA (berarti enam tahun), tapi saya ndak bisa berbahasa Inggris sama sekali. Boro-boro mau speaking and writing in English, bagi saya itu menjadi angan-angan.

Padahal, sepengetahuan saya, guru-guru bahasa Inggris saya di SMP dan SMA itu juga lulusan IKIP jurusan yang sama. Lantas mengapa saya tak bisa berbahasa Inggris. Mengapaaaaaaa?

Saya tidak bangga sama sekali maple bahasa Inggris di ijasah mendapat nilai 7 dan 8. Buat apa nilai bagus jika ndak bisa nggedabrus dalam bahasa Inggris. Jika demikian, apakah berlebihan kalau saya menyebut guru bahasa Inggris saya gagal?

Sidoarjo, 28 Januari 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Januari 28, 2014, in Edukasi. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. kalau begitu banyak guru di negara ini gagal.😀

Tinggalkan Balasan

