Tuhan Tidak Marah


Tjatatan Must

Prast

Sungguh saya tidak rela Tuhan ”dipersalahkan” atas bencana demi bencana yang menyapa beberapa daerah awal tahun ini. Ketika Manado dihantam banjir besar, ketika ibu kota dan kawasan lain dikepung banjir, ketika Kabupaten Tanah Karo dilanda erupsi Gunung Sinabung, sebagian orang menyebut bahwa Tuhan sedang murka.

Sungguh penilaian yang terburu-buru. Musibah yang seharusnya membuat kita semakin kuat dengan menolong sesama justru dijadikan ajang saling tunjuk kesalahan dan tanggung jawab.

Sungguh saya angkat topi dengan para relawan yang membantu para korban Sinabung dan banjir di berbagai kota/kabupaten. Mereka menanggalkan atribut agama, tidak pandang kasta, dan langsung melakukan evakuasi korban serta mengumpulkan bantuan makanan. Tentu saja mereka juga siap mengorbankan nyawa. 

Sungguh mereka lebih mulia ketimbang orang yang sibuk berdebat mencari musibah ini salah siapa tanpa mengupas solusi konkretnya. Sungguh relawan-relawan itu lebih terhormat daripada mereka yang ngomong berbusa-busa tentang demokrasi yang berpihak pada rakyat. Rakyat mana yang dimaksud?

Sungguh yang menyalahkan Tuhan tidak lebih brengsek dibandingkan maling-maling berdasi. Bukankah Tuhan sudah memberikan tempat tinggal yang begitu indah dengan kekayaan alam yang berlimpah-limpah di negeri ini?

Sungguh saya tak habis pikir mengapa mereka tidak menyadari bahwa manusia sendiri itulah yang menyebabkan banjir. Mereka sibuk membangun hutan-hutan baja, sementara hutan hijau digunduli. Mereka mengaku menjaga kebersihan, sementara masih banyak yang membuang sampah di got-got, sungai-sungai, bahkan samudera.

Tuhan, ampuni kami…

Sidoarjo, 21 Januari 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Januari 23, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: