Gugun Blues Shelter dan Ujian Nasional


Tjatatan Must Prast

Klub Bloger IGI

Pada 1993 musisi Gary Moore pernah berduet dengan BB King dalam sebuah konser indoor. Beberapa lagu hit milik BB King dibawakan dengan apik oleh keduanya. Salah satu yang mendapat standing ovation penonton ketika mereka memainkan nomor The Thrill is Gone.

Berbeda dengan nomor lain, di lagu ini Gary Moore tidak turut menyanyi. Ia hanya mengiringi BB King lewat senam jari pada gitar kesayangannya. Secara skill, Gary Moore jelas melebihi seniornya di musik blues itu.

Namun, gaya Gary dengan menirukan kulikan gitar BB King bikin lagu ini menjadi istimewa. Kombinasi keduanya menghasilkan aransemen blues yang bukan main enak didengar. Kalau boleh berpendapat, saya rasa versi ini lebih baik ketimbang rekaman asli dari BB King.

BB King memang legenda blues yang disegani. Banyak musisi top yang pernah berduet dengannya dan tentu saja konser tersebut mendapat sambutan yang luar biasa dari para pencinta musik blues. Di antaranya, Eric Clapton, bahkan aktor Hollywood yang merupakan penggemar blues Bruce Willis.

Salah satu konser hebat yang saya kenang adalah penampilan Eric Clapton bersama para legenda blues seperti Buddy Guy dan BB King. Ditambah gitaris Jimmy Vaughn, mereka secara dinamis membawakan lagu Rock Me Baby milik BB King. Para penonton mungkin tidak akan bisa melupakan bagaimana BB King sempat bengong melihat Eric Clapton sedang ngulik gitar di lagu ini.

Di Indonesia, di tengah banyaknya band yang hanya bermodal tampang dan lagu gembeng, saya bersyukur dengan adanya Gugun Blues Shelter. Mungkin ini salah satu band terbaik di tanah air saat ini.

Band yang berformasi Gugun (vokal), Jono (bas), dan Bowie (drum) ini memiliki skill bermusik yang mumpuni. Saat melihat mereka membawakan Little Wing milik Jimi Hendrik, saya langsung nyerocos bahwa permainan gitar Gugun lebih baik daripada Eric Clapton ketika membawakan nomor yang sama.

Saat menyukai blues sejak remaja. Dan saya mengajak para remaja, khususnya laki-laki, untuk berani menatap musik ini. Saya paham sebentar lagi akan berlangsung ujian nasional dan banyak pelajar yang bakal konsentrasi belajar untuk menghadapinya.

Namun, jika ada konser Gugun Blues Shelter ketika menjelang ujian nasional, tak perlu ragu untuk menontonnya. Jangan khawatir, karena tanpa belajar untuk persiapan ujian nasional pun kalian insya Allah bisa lulus. Percaya deh!

Bumimoro Krembangan, 17 Januari 2014

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Januari 17, 2014, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: