Gairah Pena Alumni (8)


Tjatatan Eko Prasetyo

Dahsyat! Rois Abidin mendesain kover buku Pena Alumni tak sampai hitungan tahun, eh maaf maksudnya tak sampai hitungan jam. Di tengah agendanya yang padat, ia masih menyempatkan berkontribusi untuk kado dies natalis ini. Membanggakan.

Karena Rois tengah mengerjakan proyek desain lain untuk perlombaan dan menyiapkan bahan perkuliahan bagi para mahasiswanya, saya tidak berani memaksanya untuk melanjutkan tahap penataan letak buku (lay out).

Namun, IKIP Surabaya (Unesa) memiliki banyak desainer buku profesional. Jadi saya tak begitu cemas. Agar pekerjaan lekas rampung, kami menghubungi Abdur Rohman a.k.a. Om Roy. Sosok ini unik. Ia lulusan bahasa Indonesia, seorang jurnalis dan fotografer, tapi juga menggeluti bidang desain. 

Di Unesa, Om Roy merupakan langganan beberapa alumnus IKIP Surabaya untuk mengerjakan buku mereka. Sebenarnya, saya sungkan untuk meminta tolong kepadanya karena ia tengah sibuk menyusun buku pesanan Satria Dharma dan H. Bahtiar. Namun, entah mengapa saya berani ”memaksa” Om Roy untuk me-lay out buku Pena Alumni dalam waktu dua hari.

Sementara Ketua Satker IKA Unesa Samsul Hadi menghubungi saya untuk tidak khawatir soal kekurangan dana cetak buku waktu itu. ”Dana sisa kegiatan satker masih ada. Saya sudah hubungi kawan-kawan satker dan mereka setuju untuk menyumbangkan dana,” tegasnya. Saya lega.

Akhir November 2013, naskah sudah rampung disusun, termasuk sampul dan desain tata letaknya. Buku Pena Alumni siap naik cetak. Semua berjalan serbacepat.

Sidoarjo, 20 Desember 2013

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Desember 20, 2013, in budaya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

