Gairah Pena Alumni (6)


Tjatatan Eko Prasetyo

Sinergi yang digalang kawan-kawan alumni IKIP Surabaya (Unesa) begitu luar biasa. Di sini ada beberapa penggerak komunitas yang memiliki massa fanatik dengan jumlah tak sedikit. Di antaranya, Satria Dharma (Ketum IGI), Moh. Ihsan (Sekjen IGI), Sirikit Syah (Dirut Sirikit School of Writing), H. Bahtiar a.k.a. Habe (Sekjen Tunas Bangsa), A. Wahju (direktur eksekutif Indonesia Menulis), Luthfiyah Nurlaela (direktur PPG Unesa), Khoiri (perintis Jaringan Literasi Indonesia), Samsul Hadi (penggerak UMKM nasional), dan Anwar Holil (spesialis advokasi dan komunikasi Usaid Prioritas), dan CEO Must Nulislah (sopo iki?!).

Info penulisan Pena Alumni, Membangun Unesa Melalui Budaya Literasi sebagai kado dies natalis almamater memang hanya disampaikan via milis alumni IKIP Surabaya. Tanpa seleksi. Artinya, semua tulisan yang masuk tidak melalui saringan ketat. Asal lulusan IKIP Surabaya, temanya sesuai kriteria, dan siap urunan swadana untuk cetak buku, ya langsung bisa ikutan. Sinergi itulah yang memudahkan segalanya.

Kendalanya, deadline Pena Alumni hanya satu minggu. Seorang novelis muda, Kuntari Januwarsi alias Niratisaya Niyasatari, pernah mengeluhkan hal ini. Namun, tenggat waktu satu pekan itu dilakukan dengan alasan mepetnya agenda dies natalis almamater pada  19 Desember 2013.

Targetnya, buku harus sudah selesai disunting, dibuatkan sampulnya, ditata letak, dan dicetak pada awal Desember. Terkesan terburu-buru memang. Hal ini mengingat bahwa gagasan pembuatan buku Pena Alumni baru bergulir menjelang akhir November 2013.

Ada semacam kekhawatiran dari beberapa pihak. ”Apa mungkin bisa mengumpulkan naskah buku hanya dalam seminggu plus editing?” Demikian pertanyaan yang muncul. Nyatanya, hingga hari H pengumpulan naskah, ada 25 tulisan dari 17 penulis. Kecemasan itu tak terbukti.

Surabaya, 20 Desember 2013

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Desember 20, 2013, in budaya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: