Gairah Pena Alumni (5)


Tjatatan Eko Prasetyo

Menulis itu membangkitkan gairah dan menyembuhkan. Ini fakta. Bukti paling sahih adalah Sirikit Syah dan Pratiwi Retnaningdyah. Dua alumnus bahasa Inggris IKIP Surabaya (Unesa) itu ikut menulis di buku Pena Alumni, Membangun Unesa Melalui Budaya Literasi.

Sirikit sebenarnya tengah menjalani proses pemulihan kesehatannya setelah operasi pengangkatan payudara sebelah kiri. Dia sebelumnya divonis menderita kanker payudara. Sudah beberapa kali ia menjalani kemoterapi di sebuah rumah sakit swasta di Surabaya.

Keputusan cepat diambil. Eks wartawan Surabaya Post, RCTI, SCTV, dan The Jakarta Post itu memutuskan untuk operasi sebelum sel-sel kanker menggeroti tubuhnya. Payudara kirinya diangkat. Krowak.

Efek kemo membuat tubuh penulis senior tersebut tampak lebih kurus. Namun, Sirikit seolah tak menunjukkan gelagat orang sakit. Ia tetap ceria seperti biasanya. Bahkan, ibu dua anak itu masih sempat menyumbangkan tulisan untuk buku Pena Alumni.

Hal serupa dialami Pratiwi. Semangatnya mengagumkan. Di balik aktivitasnya yang bejibun seperti menjalani kuliah S-3 di Australia, menjadi ibu rumah tangga, dan menjaga kesehatan di tengah proses kemoterapi, dia tetap rutin menulis ringan seputar kegiatan literasi serta kegiatan sehari-harinya.

Tulisan dua Srikandi Unesa tersebut selalu inspiratif. Tidak terlihat sama sekali bahwa keduanya menderita sakit berat. Buku Pena Alumni semakin berwarna dengan kehadiran mereka berdua. Motivasi dan semangat mereka sangat terasa di buku itu. Menulis justru membuat keduanya lebih tangguh dan tahes.

Pratiwi malah mengingatkan bahwa suatu hal yang bisa terjadi ketika seorang penulis mampu produktif ketika terpepet atau waktunya tidak ideal. ”Yang perlu dijaga adalah saat waktu longgar juga menulis. Jangan sebaliknya,” ucapnya di milis alumni IKIP Surabaya.

Surabaya, 20 Desember 2013

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Desember 20, 2013, in budaya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: