Gairah Pena Alumni (2)


Tjatatan Eko Prasetyo

Klub Bloger IGI

Secara teknis, syarat menulis di buku Pena Alumni, Membangun Unesa Melalui Budaya Literasi tidaklah rumit. Gaya tulisannya ilmiah populer, persis seperti artikel opini. Temanya jelas: mengandung pesan, masukan, dan kiat membangun iklim budaya menulis di lingkungan akademis Unesa serta mampu mendorong civitas academica Unesa seperti dosen dan mahasiswa untuk giat melahirkan karya tulis.

Tantangan berat dalam proses penulisan Pena Alumni ini bukanlah uang urunan untuk biaya cetak buku, melainkan deadline-nya yang cuma seminggu. Ada beberapa alasan mengapa saya memberikan tenggat waktu hanya satu pekan. Selain jadwal dies natalis sudah sangat mepet, ini bisa menjadi pembuktian untuk mementahkan pandangan bahwa mengumpulkan naskah buku keroyokan idealnya dua bulan.

Awalnya saya sempat cemas. Pasalnya, setelah empat hari berjalan, belum banyak tulisan yang masuk. Baru lima artikel. Sementara kata pengantar untuk buku sudah saya buat pada hari pertama. Semula saya pikir, jangan-jangan rekan-rekan alumni IKIP Surabaya ini takut diajak saweran. Hahaha. Ampuuun om, ampuuun tante…

Tentu saja itu guyonan. Yang jelas, deadline satu minggu itu memang gila. Apalagi, rekan-rekan di milis alumni IKIP Surabaya adalah kaum sibuk. Saya bisa memahami bagaimana dosen-dosen senior Unesa sibuk mengajar, menguji skripsi, mendampingi tesis mahasiswa pascasarjana, serta tugas lainnya dari kampus.

Maka, saya tidak heran jika ada yang menyebut bahwa deadline sepekan adalah gila. Kendati demikian, toh menjelang deadline berakhir, saya kebanjiran tulisan. Bahkan, ada dua guru besar, tiga kandidat doktor, dan dua dosen kitiran (karena saking sibuknya) yang urunan tulisan. Sekarang siapa yang gila?

Surabaya, 19 Desember 2013

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Desember 20, 2013, in budaya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: