Gairah Pena Alumni (1)


Tjatatan Eko Prasetyo

Klub Bloger IGI

Siapa bilang menerbitkan buku itu sulit? Memangnya memublikasikan buku itu hanya bisa dilakukan lewat penerbit? Ini pandangan yang mesti dibuang jauh-jauh.

Sekumpulan alumnus IKIP Surabaya (Unesa) telah membuktikannya. Untuk mendorong lebih giatnya budaya literasi di lingkungan almamater sekaligus memberikan kado dies natalis, mereka menghimpun buku Pena Alumni, Membangun Unesa Melalui Budaya Literasi (cetakan I, Desember 2013).

Lantaran sering berkumpul di forum milis alumni IKIP Surabaya, lahir inisiatif membuat buku sebagai kado Dies Natalis Ke-49 Unesa yang jatuh pada 19 Desember 2013. Tidak mudah menyatukan para macan literasi di lingkungan alumni IKIP Surabaya.

Untunglah, kawan-kawan –baik senior maupun junior- cukup kompak.  Begitu gagasan untuk membikin buku literasi sebagai kado dies natalis almamater dilontarkan pada pertengahan November 2013, gayung bersambut. Sesuai kesepakatan awal, buku ini akan dibiayai secara swadana alias patungan. Ketum IGI Satria Dharma langsung menawari sebagai salah satu sponsor.

Kami pun bagi tugas. Saya kebagian menjadi juru tagih tulisan. Deadline-nya saya tetapkan satu minggu. Tanggal 17 November 2013 dimulai, tanggal 23 November 2013 seluruh tulisan harus sudah masuk meja editor. Jika dikirim melewati deadline, tulisan tidak diproses tanpa memandang status sosialnya.

Cak Habe, politikus muda yang gagah dan duta awu-awu Kopi Kapal Api, malah langsung mengirimkan tulisannya yang bertajuk Satu Mahasiswa Satu Buku. Saya menulis urutan kedua tentang Budaya Ilmiah Kampus, disusul dua sohib kental, yakni Prof Luthfiyah (direktur PPG Unesa) dan Pratiwi (kandidat doktor University of Melbourne).

Surabaya, 19 Desember 2013

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Desember 20, 2013, in budaya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: