Wisata Batik Kampung Jetis


Surya

Selasa, 3 Desember 2013 20:58 WIB
Wisata Batik Kampung Jetis

Oleh : Eko Prasetyo
Karang Taruna 48 Graha Asri Sukodono
must_prast@yahoo.co.id

Siapa bilang batik berkualitas hanya diproduksi di Pekalongan, Solo, Jogja, atau Madura saja? Di Sidoarjo ternyata juga terdapat sentra pembuatan batik yang mutunya tidak kalah dengan daerah lain. Ini terletak di Kampung Jetis, Kelurahan Lemah Putro.

Sayangnya, keberadaan Kampung Jetis ini kurang bergema di kalangan masyarakat kota udang itu sendiri. Hal ini disebabkan minimnya media promosi yang ada. Selama ini Kampung Jetis lebih dikenal dari mulut ke mulut melalui pembelinya.

Karena motifnya yang menarik dan kualitasnya yang baik, banyak konsumen yang menjadi pelanggan setia serta menyampaikannya ke orang lain. Seandainya media promosi oleh pemkab setempat lebih gencar dilakukan, bukan tidak mungkin nama Kampung Batik Jetis akan tersohor di tingkat nasional.

Wisata edukasi tentang batik juga menjadi daya pikat tersendiri di sana. Para pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana para perajin membuat motif batik khas Jetis. Dengan demikian, bisa timbul rasa bangga terhadap karya bangsa sendiri. Apalagi, batik sekarang telah dikenal di dunia dan menjadi tren busana yang disukai banyak pemimpin negara.

Saat ini kondisi sentra batik di Kampung Jetis secara ekonomi belum bisa dikatakan menggembirakan. Apabila semakin banyak pengunjung dan pembeli di sana, tentu geliat ekonomi di situ akan bertambah bagus. Dengan demikian, tradisi batik di Kampung Jetis yang sudah berlangsung bertahun-tahun dapat terjaga. Jika berkunjung ke Sidoarjo, Anda bisa menyempatkan datang ke salah satu sentra batik tertua di Tanah Air ini.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Desember 3, 2013, in Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: