Tampilan Buku Pena Alumni


Tjatatan Eko Prasetyo

CEO Must Nulislah Jangan Mbencekno pLizZ aQ mOhOnT

mockup depanSatu kutipan yang paling saya suka adalah ucapan Milan Kundera. Dia pernah lantang mengatakan bahwa jika ingin menghancurkan suatu bangsa, musnahkan buku-bukunya. Nah, kini barisan alumni Unesa bakal menambah kekuatan Unesa di kancah peradaban. Sebagian di antara mereka yang aktif di milis Keluarga Unesa menerbitkan buku Pena Alumni sebagai kado dies natalis almamater.

Tidak main-main, hanya dalam waktu seminggu, terjaring 24 tulisan dari 17 penulis. Kini buku tersebut dalam proses produksi (lay out dan pracetak).

Sinergi antar-alumnus memang menguntungkan. Bila bakat dan kemampuan yang berbeda-beda disatukan serta dipadukan dengan filosofi set set wet, hasilnya adalah ciamik soro. Itu terlihat jelas pada buku Pena Alumni ini.

Hasil gagasan dan pemikiran para penulis yang berasal dari berbagai latar belakang melahirkan kreativitas yang ampun mama. Dahsyat. Ditambah polesan desain sampul yang sempurna dan desain lay out yang seksi dari para alumnus ahli desain grafis, tampilan buku semakin yahud.

Di luar tampilannya yang sangat manis, isi buku ini menyuguhkan berbagai sudut pandang yang enak dibaca. Dan perlu!

Kalau ditanya apa yang kurang dari buku ini, jujur saya katakan bahwa buku ini hanya disajikan untuk internal Unesa. Padahal, isinya sangat relevan untuk diaplikasikan dalam tatanan hidup masyarakat Indonesia.

Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan alumni penulis yang terlibat dalam buku ini. Yakni, Prof Lies Amin Lestari, Bu Sirikit Syah, Prof Luthfiyah Nurlaela, Pak Satria Dharma, Pak Rukin Firda, Bu Pratiwi Retnaningdyah, Pak Samsul Hadi, Pak Hartoko, Pak Much. Khoiri, Mas Anwar Holil, Mas Habe Arifin, Mbak Icha Hariani, Fafi, Bayu, Rois, dan Mas Aziz. Juga Om Roy.

Anda membuat Unesa semakin sulit ”ditaklukkan” lantaran memahat sejarah kecil dalam buku ini. Semoga buku ini bisa menginspirasi civitas academica Unesa lainnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Malang, 27 November 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on November 27, 2013, in budaya. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: