Buku Gratis dari Malang Post


Tjatatan Eko Prasetyo

Klub Bloger IGI

Mau buku bagus dan gratis? Menulislah di harian Malang Post. Sebab, surat kabar milik Jawa Pos Group ini menyediakan buku gratis bagi kolumnis yang tulisannya dimuat di halaman opini.

Meskipun ebes saya sekarang tinggal di Pujon, Kabupaten Malang, dan saya lumayan sering pulang ke sana saat weekend, saya jarang baca koran tersebut. Biasanya, kalau berada di rumah Pujon, saya membaca Jawa Pos Radar Malang dan Surya. Sebab, memang hanya dua surat kabar itu yang distribusinya sampai ke Pujon.

Maklum, Pujon termasuk kota kecamatan yang letaknya jauh dari Kota Malang. Pujon yang terletak di ketinggian sekitar 1.200 dpl lebih dekat dengan Kota Batu. Hawanya masih sangat sejuk. Pujon memiliki beberapa objek wisata terkenal. Di antaranya, air terjun Coban Rondo, pemandian air panas Dewi Sri, pasar tani di Lebaksari, dan sebentar lagi bakal dibangun Jatim Park 3 yang areanya sangat dekat dengan rumah kami.

Karena terlalu jauh dari Kota Malang, mungkin inilah yang menyebabkan distribusi beberapa koran agak sulit. Jumlah agen koran di Pujon saja bisa dihitung dengan jari. Kalau mau baca koran, ya berlangganan. Di sisi lain, budaya membaca di kalangan masyarakat setempat belum begitu bagus. Maklum, rata-rata penduduknya bermatapencarian sebagai petani, buruh tani, peternak, dan pedagang. Yang doyan baca ya hanya orang tertentu saja.

Karena itulah, saya dulu ingin membuka perpustakaan gratis di rumah ebes dan menyiapkan buku-buku bacaan. Terutama, buku tentang pertanian, peternakan, dan agrokultur serta buku umum lainnya. Sebagian buku saya beli dari toko buku loak di Jalan Semarang, Surabaya.

Setelah tahu bahwa Malang Post menghadiahkan buku sebagai honor menulis artikel opini, saya tertarik untuk menulis di situ. Syukurlah, tulisan saya tentang kecaman soal kurikulum baru dimuat harian tersebut pada 25 November lalu. Namun, buku hanya bisa diambil setiap Sabtu pada jam kerja dengan membawa kartu posyandu, eh maaf keliru, maksudnya kartu identitas. Tertarik?

Pandaan, 26 November 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on November 26, 2013, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: