Ikut FGD Kemendikbud di Surabaya (1)


Catatan Eko Prasetyo

Mas Hartoko, eks wartawan senior Surabaya Post yang juga kakak kelas saya di jurusan bahasa Indonesia IKIP Surabaya, mengabarkan adanya forum group discussion (FGD) yang diadakakan Kemendikbud di Hotel Bumi Surabaya besok (5/10). Undangan diberikan secara terbatas kepada para redaktur senior beberapa surat kabar, wartawan pendidikan, dan penulis artikel opini.

Tema yang bakal dikupas adalah ujian nasional (UN) dan kurikulum 2013. Pengundangnya adalah pejabat yang selama ini kerap berseteru dengan aktivis Koalisi Reformasi Pendidikan (KRP) seperti Prof Iwan Pranoto, Itje Chodidjah, dkk. Siapa dia? Kasih tahu gag ea…..

Saya lantas mengonfirmasi keinginan untuk datang ke Mas Hartoko yang kini menjadi pejabat humas di Puspa Agro Jatim tersebut. Apalagi, di sana nanti saya akan bereuni dengan para akademisi seperti Prof Lies Amin Lestari dan Much. Khoiri serta teman-teman jurnalis yang ngepos di Surabaya dan Jakarta.

Sebenarnya, sejak 2009 saya rutin menghantam kebijakan Kemendikbud tentang UN. Saat itu saya menyoroti kasus siswa yang 100 persen tidak lulus di SMAN 2 Ngawi. Hal ini disebabkan bocornya jawaban UN dan celakanya salah semua.

Saat mengikuti lokakarya di Unipa Surabaya pada 2008, saya sepakat dengan pernyataan Daniel M. Rosyied kala itu. Yakni, tidak menjadikan UN sebagai tolok ukur kualitas pendidikan nasional, melainkan pemetaan pemerataan pendidikan di Indonesia.

Intinya, irasionalitas yang selalu terjadi tiap tahun menjelang UN harus distop. Pembelaan keblinger terhadap UN oleh para pejabat yang buta tuli hatinya harus dilawan.

Lantas, bagaimana dengan undangan dari Kemendikbud besok di Surabaya? Ya saya tetap datang. Tapi, tujuan utama saya bukan untuk menulis manfaat UN dan kurikulum 2013 seperti yang diharapkan Kemendikbud, melainkan mencicipi kuliner di Hotel Bumi sekalian ngisis karena cuaca di Kota Surabaya beberapa pekan ini bukan main ekstrem.

Pandaan, 4 November 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on November 4, 2013, in Edukasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: