Reuni dengan Dhitta Puti dan Literasi Matematika


Tjatatan Must Prast

Adik saya, Dhitta Puti Sarasvati, Kamis besok datang ke Surabaya. Tiap mampir ke Kota Pahlawan, ia selalu membawa oleh-oleh ilmu buat para guru di sini.

April lalu, misalnya, di kampus Ubaya bersama Bu Itje Chodijah dari British Council, Puti mengadakan bedah buku sejarawan Onghokkham (Sang Guru dan Secangkir Kopi) yang ditulis Andi Achdian. Acaranya lumayan heboh meski undangannya tidak terlalu banyak.

Termasuk besok. Puti akan melatih guru-guru SD dalam workshop “Menggunakan Cerita Bertema Matematika dalam Pembelajaran Matematika” yang diadakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) di BLC Telkom Mergoyoso, Surabaya, pukul 14.00.

Sebenarnya saya mau marah sama Puti dan Cak Yasin. Sebab, pertama, acara ini terkesan mendadak dan saya baru tahu dua hari lalu. Kedua, pesertanya dibatasi hanya 20 guru. Masak kampanye literasi yang bagus ini hanya diperuntukkan bagi 20 pendidik? Ibu Ani Yudhoyono dan Ibu Boediono ora iso melu dong?

Karena itu, besok saya mau nodong Puti dan Cak Yasin untuk menggeber acara serupa lebih banyak lagi. Sebab, kegiatan ini tidak hanya mengupas metode pembelajaran matematika yang asyik, tapi juga teknik bercerita yang terkait erat dengan dunia literasi.

Ini sebenarnya bukan hal baru, namun mungkin belum banyak guru SD di Indonesia yang tahu. Saya pernah membaca kisah Ibu Christine Chaney. Dia guru kelas 3 di East Side Charter School Wilmington, Delware, AS.

Ibu guru tersebut meraih MBNA Best Practices in Education pada 2002 dan Education Unsung Heroes Award di tahun yang sama.

Apa sih istimewanya metode pengajaran Bu Chaney ini? Sederhana. Ia menggabungkan matematika dan pembelajaran menulis. Contohnya, ia membuat lima gambar lingkaran, lalu ia menguraikan soal bercerita. Ujung-ujungnya nanti para siswanya berhasil membuat lima paragraf dalam lima lingkaran tadi. Menarik kan?

Saya kira, Puti punya seabrek teknik yang tak kalah menarik. Apalagi, dia ini seorang story teller nasional. Saya pun besok ingin ngangsu elmu kepadanya untuk saya kembangkan dalam pembelajaran membaca dan menulis di kelas.

Jika Anda punya waktu, mampirlah besok ke acara ini. Kita bisa kopi darat sekaligus belajar bersama. Sharing and growing together. Sampai jumpa!

Graha Asri, 23 Oktober 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Oktober 23, 2013, in Literasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: