Mari Mengutuk Penyiksa Anjing-Anjing Malang Ini


Tjatatan Must Prast

Foto: Dian Kristiawan, sumber: Kompasiana.com

Foto: Dian Kristiawan, sumber: Kompasiana.com

Saat kecil dulu di Bekasi, saya pernah punya anjing kesayangan. Namanya Molly. Tubuhnya tegap dari jenis herder. Awal-awal kami tinggal di Bekasi dulu, kompleks perumahan kami masih rawan maling. Apalagi, bapak saya termasuk warga yang pertama tinggal di situ. Karena itu, kami memelihara anjing.

Sungguh saya sangat menyayangi anjing pintar tersebut. Saat saya kelas 6 SD, Molly mati setelah ditabrak mobil tetangga secara tak sengaja. Saya masih ingat saat nangis keras karena kematian Molly. Benar-benar seperti kehilangan sahabat.

Kini ingatan saya dikembalikan pada kenangan puluhan tahun silam di Bekasi Timur. Namun, kali ini saya shock berat gara-gara melihat foto yang diunggah teman saya Ahmed Tsar, seorang Kompasianer, di akun Facebook-nya. Potret itu memperlihatkan anjing-anjing malang yang dikarungi dan mulutnya dibebat tali.

Anjing-anjing tersebut dikabarkan dibawa dari Pangandaran, Jabar, ke Jogja untuk dijadikan tongseng dan sate. Teguh Suprayogi, bloger Kompasiana, sudah menuliskan pula tragedi menyedihkan ini.

Kebetulan ia pernah tinggal di Jogja dan mengakui bahwa di sana cukup banyak warung yang menyediakan menu sengsu (tongseng asu). Disebutkan pula olehnya bahwa sengsu bisa bikin badan hangat dan meningkatkan gairah seksual.

Tapi, saya benar-benar tidak tega melihat foto anjing-anjing malang itu. Mereka diturunkan dengan kejam, dilempar dan ditendang bak kotoran. Kemudian mereka dimasukkan ke dalam kamar yang pengap dan lembap. Selanjutnya, kayu-kayu besar siap menjadi malaikat maut untuk dikeprukkan ke kepala anjing-anjing itu.

Betapa biadap orang-orang yang menyiksa hewan-hewan ini. Meskipun saya seorang muslim yang haram memakan anjing, saya tidak bisa menerima perlakuan keji terhadap hewan tersebut hanya demi memuaskan para pencinta kuliner daging anjing. Apa pun itu, kita tidak boleh berlaku semena-mena dan kejam terhadap makhluk ciptaan Tuhan.

Graha Asri, 20 Oktober 2013

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Oktober 20, 2013, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

