Ke Tebuireng (4)


Catatan Must Prast

Ponpes Tebuireng masuk wilayah Desa Cukir, Kecamatan Diwek. Letaknya sangat dekat dengan Pabrik Gula (PG) Tjoekir. Hanya selemparan batu. Inilah salah satu pabrik gula tertua di Indonesia. Seperti apa?

Umurnya sekarang 129 tahun. Ya, Pabrik Gula Tjoekir didirikan pada 1884 oleh sebuah perusahaan kolonial Belanda. Yakni, NV. Kody en Coster van Housf Tjoekir. Desa Cukir dan sekitarnya dahulu memang dikenal sebagai penghasil tebu kualitas bagus di Jombang. Bahkan, bisa dibilang tebu adalah salah satu tanaman primadona dan termasuk andalan di sana.

Tak heran jika PG Tjoekir memiliki produk utama berupa gula superiuere hoofd suiker (SHS). Bukan hanya itu, pabrik ini juga memiliki produk lain. Di antaranya, pupuk kompos dan tetes tebu.

Proses rehabilitasi secara besar pernah dilakukan PG Tjoekir pada 1925 dengan mengganti peralatan instalasi pabrik. Tujuannya tentu saja meningkatkan kapasitas produksi. Masa kejayaan produksi PG Tjoekir ini berlanjut sampai Perang Dunia II.

Saat ini PG Tjoekir dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 10 yang membawahkan wilayah Jawa Timur. Yang istimewa, hingga saat ini PG Tjoekir merupakan salah satu pabrik gula di bawah PTPN 10 yang memiliki persentase laba tertinggi.

Jika ditinjau dari lokasinya, PG Tjoekir sangat strategis karena sangat dekat dengan daerah pertanian yang menunjang pengadaan bahan baku. Air pun mudah didapatkan. Satu lagi yang tak kalah penting: sistem drainase di kawasan Cukir tergolong baik dan memadai sehingga jarang terjadi bencana banjir. Tak heran apabila pabrik gula yang megah dan bersejarah didirikan di sana.

Graha Asri, 8 Oktober 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Oktober 7, 2013, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: